harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
7 Daerah Terpanas di Indonesia Selama Bulan April Ini! Kotamu Termasuk?

Sumber Gambar

Suhu panas seperti yang kita ketahui memang sedang melanda Indonesia saat ini. Jangankan Indonesia, negara lain seperti India, Thailand dan Jepang bahkan sudah merasakannya jauh-jauh hari. Di India, bahkan cuaca panas sampai menewaskan 13 orang. Di Thailand, suhu ekstrem mencapai 54 derajat celcius.

Semua itu akibat gelombang panas matahari yang terik. Lantas, apakah hawa panas yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia diakibatkan oleh gelombang panas. Menurut BMKG sendiri, suhu panas yang kita rasakan belakangan ini bukan gelombang panas seperti di Thailand dan India. Karena suhunya sendiri masih di bawah 40 derajat. Masih terbilang aman.

Dari banyaknya daerah, mana saja sih daerah di Indonesia yang mengalami suhu paling panas. Nah berikut ini TS akan memberikan beberapa daerah yang menjadi daerah terpanas di Indonesia belakangan ini!


Sumber Gambar

Berikut adalah daftar kota terpanas terhitung sampai 23 April 2023, kotamu termasuk?emoticon-Ngacir



1. Tangerang Selatan, Banten

Tangerang Selatan menjadi nomor satu terpanas di Indonesia. Daerah yang berbatasan dengan Jakarta dan Depok ini sempat mencapai suhu 37,2 derajat pada 17 April 2023. Terutama Ciputat yang akhir-akhir ini namanya disorot.

2. Kapuas Hulu, Kalbar

Putussibau merupakan kecamatan sekaligus pusat pemerintahan bagi kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat. Pada 18 April 2023, suhu di tempat ini mencapai 36,6 derajat. Dan menjadi capaian suhu terpanas di Kalimantan pada daftar ini.

3. Melawi, Kalbar

Masih di Kalimantan Barat. Kali ini ada Kabupaten Melawi yang mencapai titik terpanas pada 18 April 2023, di waktu yang sama dengan Kapuas Hulu. Pada saat itu, suhu di kota ini sempat mencapai 36,5 derajat. Nomor dua setelah Kapuas Hulu.


Sumber Gambar

4. Medan, Sumut

Ibukota Sumatera Utara ini juga menjadi yang terpanas dalam daftar ini. Menjadi kota di Sumatera yang paling panas dengan capaian suhu 36,5 derajat Celsius pada 15 April lalu. Untung di sana dekat danau Toba, jadi bisa berendam seharian.

5. Sintang, Kalbar

Kembali ke Kalimantan Barat, kali ini Sintang mencapai suhu 36,3 derajat Celsius pada 18 April 2023. Sintang memiliki posisi yang diapit oleh dua Kabupaten di Kalimantan Barat yang sebelumnya sudah masuk daftar. Yakni Kapuas Hulu dan Melawi.

6. Natuna, Kepulauan Riau

Selanjutnya, sedikit melipir ke Kepulauan Riau. Ada kawasan Natuna yang suhunya mencapai 36,2 derajat Celsius pada 16 April 2023. Kepulauan yang berbatasan dengan beberapa negara seperti Kamboja, Vietnam hingga Malaysia ini memang kerap dilanda cuaca yang panas.


Sumber Gambar

7. Deli Serdang, Sumut

Urutan terakhir, ada Deli Serdang yang masih satu provinsi dari dengan Medan di Sumatera Utara. Pada 15 April, suhu panas di kawasan ini mencapai 36, 2 derajat. Menjadi yang terendah dalam daftar sekaligus menutup daftar daerah terpanas ini.

Semua data-data di atas merupakan hasil dari pantauan stasiun BMKG yang beroperasi di daerah-daerah yang terkait. Cuaca memang sedang panas-panasnya, di saat seperti ini ada baiknya kita di rumah saja apabila tidak memiliki kepentingan. Daripada berpanas-panasan di luar, mending rebahan sambil kipasan.

emoticon-2 Jempol

Apakah kota/kabupaten kalian masuk daftar? Sepanas apa daerah kalian? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
olasaja
Nikita41
AgusLie007
AgusLie007 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.6K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.