amekachiAvatar border
TS
amekachi
NATO: Semua Anggota Setuju Ukraina Gabung usai Invasi Rusia Berakhir

NATO: Semua Anggota Setuju Ukraina Gabung usai Invasi Rusia Berakhir

CNN Indonesia
Sabtu, 22 Apr 2023 18:45 WIB


NATO menegaskan Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan aliansi tersebut setelah invasi Rusia berakhir. (AFP/Mateusz Slodkowski)

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Negara Atlantik Utara (NATO), Jens Stoltenberg, mengklaim seluruh anggota setuju Ukraina pada akhirnya akan bergabung dengan aliansi tersebut ketika invasi Rusia berakhir.
"Semua anggota NATO telah setuju Ukraina akan menjadi anggota. Presiden Volodymyr Zelensky memiliki harapan jelas soal ini, kami telah mendiskusikannya," kata Stoltenberg pada Jumat (21/4) jelang pertemuan menhan negara NATO di Ramstein, Jerman.


"Kedua isu yakni keanggotaan dan jaminan keamanan dan tentunya kebutuhan keamanan Ukraina. Karena tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana perang ini akan berakhir. Tapi, yang kami tahu adalah ketika perang berakhir, kami harus memastikan sejarah tidak terulang," paparnya menambahkan.

Selain keanggotaan Ukraina, pernyataan Stoltenberg itu semakin memberi sinyal bahwa NATO akan memberi bantuan senjata tambahan dan dukungan lainnya bagi Kyiv.

Keanggotaan NATO telah lama menjadi dambaan Ukraina. Meski secara prinsip NATO sudah setuju Ukraina bergabung pada 2018, aliansi itu tidak pernah memberikan jalur resmi bagi Kyiv untuk mengurus keanggotaan.

Sementara itu, invasi Rusia membuat prospek Ukraina menjadi anggota NATO kian pelik. Sebab, Moskow pernah mengultimatum jika Ukraina masuk NATO itu akan menyebabkan konfrontasi langsung dengan Rusia.

Dikutip The Guardian, Zelensky dijadwalkan menghadiri KTT NATO di Vilnus, Lituania, pada Juli mendatang. Sejumlah pihak memperkirakan NATO bakal menyetujui peta jalan keanggotaan bagi Ukraina dalam KTT tersebut.

Baru-baru ini, Stoltenberg juga diam-diam pergi ke Kyiv, lawatan pertama ketua NATO ke Ukraina sejak invasi Rusia berlangsung.


https://www.google.com/url?q=https:/...6s5oAyM3XQ8J2-


Kenapa nggak sekarang saja jadi anggota NATO?

"Dek, kamu boleh gabung dengan geng kami kalau sudah ngalahin teman lamamu dulu yah"

Kalau kalah gimana?

"Bukan urusan kami"emoticon-Big Grin
efootball
anangherman
bukatelapak
bukatelapak dan 31 lainnya memberi reputasi
32
5.1K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.