Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chuaksssAvatar border
TS
chuaksss
Curhat masalah pernikahan (keuangan dan mertua)
Malem gan,
Ane mau minta pendapat dan saran nih terutama bagi yg sudah pengalaman di dunia pernikahan.

Saya baru menikah 9bulan ini dengan istri. Setelah menikah, kami masih tinggal berjauhan (luar kota dan provinsi). Saya ngekos, istri tinggal di rumah ortunya. Kami pisah karena pekerjaan. Saya udah punya kerjaan tetap dg gaji 8jt perbulan, istri kerja dg gaji 3jt.

Awal sebelum menikah, dia janji mau ikut saya dan melepas pekerjaannya. Namun sampai detik ini dia belom bisa pindah dg alasan belom boleh keluar dari atasannya. Seiring berjalannya waktu, saya baru sadar, klo istri sy ternyata tulang punggung di keluarganya, jd mgkn ini alasan dia blm keluar dr kerjaannya. Ortuuny dua-duanya ga kerja udia 53 dan 48. Dia 4 bersaudara, dia nomor dua, kkaknya cewe jg sudah menikah dan tinggal tdk jauh dr ortnya. 2 adiknya masih sekolah.

Pengeluaran sy setiap bulan
Kos, bbm, makan, rokok sebuln 3jt, ngasih istri 2jt, biaya nemuin istri 1,2 buat PP (transport dan jajan pas di sana). Periksa hamil setiap bulan 500rb, sisanya sekitar 800rb buat ditabung (klo tdk ada pengeluaran lain). Selama ini, dia tidak pernah bisa nabung, karena memang dia yg mencukupi keluarganya mulai dr biaya listrik, air, makan dan lain-lain.

Rencana saya mau memaksa istri buat ikut saya, tp dengan kenyataan seperti itu, pasti keluarganya bakal mencegah atau misal istri sy mau ikut saya, keluarganya kemungkinan bakal menggantungkan keuangannya ke keluarga saya. Sy berani bilang gini, karena sudah beberapa kali mrtua saya menelpon saya utk meminta uang pas mereka lg ada perlu. Apalagi mrtua sy sedang sakit, jd untuk biayanya dia lgsng meminta bantuan saya dan jumlahnya menurut sy lumayan, sebulan bisa 1jt, 500, 600 dll. Selama ini sy selalu mengusahakan itu, karena mikir kasihan, bahkan ketika sy tdk ada duit, sy minta bantuan ortusaya untk ikut membantu. Setelah berjalan beberapa bulan semenjak sy memberikan pertama kali, hal itu jd keterusan, seperti mereka tidak segan utk meminta sy. Pdhl scra keuangan sy jg bukan dr keluarga org kaya.

Mohon saran agan-agan dan suhu di sini, gimana baiknya. Jangan dihujat, sy hanya sekedar ingin sharing, karena masalah ini lama-lama bikin sy pusing, apalagi nanti klo anak sy udh lahir pasti kebutuhan banyak. Oiya sy jg pengen punya rumah, tp kalo keadaan sprti ini, sepertinya belom bisa utk nyicil rumah.
Terima kasih sudah mau mendengar keluh kesah sy.
Diubah oleh chuaksss 22-04-2023 15:30
bukhorigan
bukhorigan memberi reputasi
1
1.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.