Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
2 Kubu KKB Saling di Beoga Puncak Papua!
2 Kubu KKB Saling di Beoga Puncak Papua!
Jonh Roy Purba - detikSulsel
Sabtu, 22 Apr 2023 09:16 WIB

Foto: Internet
Puncak - Dua kubu kelompok kriminal bersenjata (KKB) dilaporkan saling tembak di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Pemerintah setempat mengungkap ada korban luka dan meninggal dunia akibat insiden itu.
"Benar adanya peristiwa tersebut," kata Bupati Puncak Willem Wandik dalam keterangannya, Sabtu (22/4/2023).

"Belum bisa memastikan berapa jumlah warga yang luka-luka dan berapa yang meninggal dunia, dan berapa rumah warga yang terbakar," sambungnya.

Willem mengatakan insiden saling serang antarkubu KKB itu terjadi pada Kamis (20/4) lalu. Dua kubu KKB yang bertikai diduga melibatkan antara kubu JB dan LK, serta AK.

Willem menjelaskan Kampung Julukoma sendiri merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Intan Jaya. Daerah tersebut sering menjadi daerah konflik karena merupakan daerah lintasan KKB.

"Sampai saat ini aparat keamanan belum bisa masuk ke wilayah tersebut, disebabkan kondisi belum benar-benar kondusif," jelasnya.

Sebagai Bupati, dirinya mengaku khawatir karena situasi seperti ini bisa menyebabkan konflik susulan di luar Puncak, terutama di wilayah konflik Intan Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang dan daerah lain di Papua. Kondisi ini disebut akan berdampak terhadap kelancaran pembangunan.

"Mereka ini punya senjata, kalau mereka sudah bicara, maka masyarakat sipil, pemerintah sudah tidak bisa buat apa-apa, situasi akan makin parah, makanya saya selalu bilang di mana ada senjata, maka daerah itu tidak aman dan buktinya selalu ada, dulu korban di luar KKB, tapi sekarang KKB dan KKB sendiri baku tembak, siapa mau tenangkan situasi, kami dibuat jadi bingung," tambahnya.

Willem berharap tokoh-tokoh Papua yang selama ini memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok KKB bisa memberikan kesadaran kepada mereka. Menurutnya, peristiwa ini harus dihentikan.

"Untuk itu, saya minta juga kepada Pemerintah pusat, Provinsi Papua, terutama di wilayah yang saat ini sedang ada konflik bersenjata, tokoh kemanusiaan, tokoh agama, agar marilah kita serius menangani persoalan konflik bersenjata ini, karena dampak dari senjata ini, membuat sampai pembangunan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, tidak bisa jalan dengan baik, dan nyawa rakyat sipil, akan tetap berjatuhan terus di tanah ini," kata dia.

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...-puncak-papua.
Kelompok-kelompok teroris saling membunuh satu sama lain
JB:Joni Botak
LK:Lewis Kogoya
AK:?
Karena sering nerbitin berita KKB jadi bisa baca inisal-inisialnya.

2 Kubu KKB di Beoga Papua Saling Serang, Ini Penyebabnya
2 Kubu KKB Saling di Beoga Puncak Papua!
Ilustrasi (detikcom/Internet)
Jakarta - Dua kubu kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua saling serang. Keduanya saling tembak.
Dilansir detikSulsel, Sabtu (22/3/2023), kedua kelompok itu saling tembak di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Kedua pihak diduga bertikai terkait penyerangan pesawat kargo milik Asian One di Bandara Beoga belum lama ini.

"Pemicunya karena KKB yang selama ini bermarkas di wilayah Beoga dan sekitarnya, yaitu kelompok JB, berharap agar pesawat tetap masuk di Distrik Beoga, guna melayani masyarakat dari sisi ekonomi dan pembangunan lainnya. Sementara ada kelompok KKB yang satunya yang bukan berasal dari luar Beoga, yaitu kelompok KKB LK dan AK, berharap agar pesawat jangan lagi melayani di Distrik Beoga," kata Bupati Puncak Willem Wandik dalam keterangannya.

Penembakan pesawat Asian One dilaporkan terjadi pada Kamis (13/4) pekan lalu. Kedua kubu kemudian bertemu membahas perbedaan pendapat namun tidak menemukan solusi hingga akhirnya saling tembak

"LK dan AK merupakan kelompok KKB lain yang masuk ke Beoga. Bahkan kelompok inilah yang diduga melakukan penembakan terhadap pesawat Asian One, pekan lalu, sehingga keduanya hendak bertemu di Kampung Julokoma, untuk mengklarifikasi perbedaan pendapat tersebut," ujarnya.

"Satu kelompok yang menginginkan agar pesawat kembali melayani di Distrik Beoga, demi masyarakat, dengan kelompok satu yang menolak pesawat masuk di Beoga. Kedua kelompok ini tidak ada kesepakatan dan berlanjut ke saling tembak, dan informasi yang kami dapat, ada yang luka-luka kritis, bahkan ada yang meninggal dunia, rumah warga juga dibakar ," tegasnya.


https://news.detik.com/berita/d-6685...i-penyebabnya.

Teroris saling membunuh...
Masyarakat resah
aparat belum masuk 
Aktivis dan mahasiswa yang teriak-teriak TNI ditarik ini salah satu contohnya di mana  teroris masuk dan berkuasa lalu saling membunuhdan masyarakat tetap jadi korban tanpa embel-embel pelanggaran HAM aparat
2 Kubu KKB Saling di Beoga Puncak Papua!
Joni Botak
2 Kubu KKB Saling di Beoga Puncak Papua!
Lewis Kogoya



Diubah oleh mabdulkarim 22-04-2023 11:50
tepsuzot
nomorelies
jenrinaldo09
jenrinaldo09 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.