Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Jubir TPNPB-OPM Minta Jokowi Copot Panglima TNI: Dia Pembohong, Ora Waras!
Jubir TPNPB-OPM Minta Jokowi Copot Panglima TNI Yudo Margono: Dia Pembohong, Ora Waras!

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom. (Ist)
Suara.com - Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencopot Laksamana Yudo Margono dari jabatannya sebagai Panglima TNI. Hal tersebut dimintanya karena menilai Yudo sebagai pembohong.

Sebby mengungkit ketika Yudo menyatakan hanya ada satu prajurit TNI yang meninggal dunia akibat kontak tembak dengan TPNPB-OPM di Mugi-Mam, Papua.

Namun pada hari berikutnya, ditemukan empat prajurit TNI lainnya yang tewas akibat serangan TPNPB-OPM.

"Contohnya saja sekarang mereka baru evakuasi 4 jenazah ini bukti dan nyata, jadi panglima menyangkal bilang 1 saja gugur ini panglima pembohong besar jadi sebaiknya Presiden Jokowi segera cabut panglima ini diturunkan dari jabatan panglima," kata Sebby melalui rekaman suara yang diterima Suara.com, Jumat (20/4/2023).

Sebby juga melontarkan cacian kepada Yudo karena dianggap menyebarkan kebohongan perihal situasi pascakontak tembak antara TNI dengan TPNPB-OPM.

"Ini orang tidak benar dia pembohong melalui media mainstream di Indonesia, orang ini orang gila, orang aneh, atau mungkin kurang waras, wong Suroboyo, wong ora waras, yo iso yo," ucapnya.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (dua kanan) tiba di Papua, Senin (17/4/2023). (ANTARA/HO-Pusat Penerangan TNI)
Sebelumnya, sebanyak empat prajurit TNI yang menjalankan misi penyelamatan pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens sempat dinyatakan hilang usai terlibat baku tembak dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Mugi-Mam Papua. Kekinian, empat prajurit TNI tersebut berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Empat prajurit TNI yang dimaksud yakni Pratu A, Pratu I, Pratu K dan Prada S.

"Tim Gabungan TNI Polri berhasil menemukan 4 Prajurit TNI termasuk di dalamnya Pratu Miftahul Arifin yang dalam proses pencarian dengan kondisi meninggal dunia," kata Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Kav Herman Taryaman melalui keterangan tertulisnya, Rabu (19/4/2023).

Herman mengungkapkan bahwa keempat prajurit yang gugur tersebut sudah dievakuasi ke RSUD Timika Kabupaten Mimika Papua.

Sebelumnya, empat dari 36 prajurit TNI tersebut diserang TPNPB-OPM di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Sebelum mereka dinyatakan hilang, seorang prajurit bernama Pratu Miftahul Arifin ditemukan tewas dalam jurang dengan kedalaman 15 meter.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkapkan bahwa proses evakuasi sempat terkendala oleh cuaca.

"Pada saat ini konsentrasi pada jenazah yang meninggal 1 orang yang terjatuh ke jurang. Hari ini kita upayakan untuk dievakuasi namun sampai saat ini evakuasi belum berhasil karena faktor cuaca," kata Yudo saat konferensi pers di Mimika, Papua Tengah, Selasa (18/4/2023).
https://www.suara.com/news/2023/04/2...hong-ora-waras
Kan baru ketemu setelah pencarian
lagi pula ini jubir sok ngatur..


Muncul Saran Letkol Tituler Deddy Corbuzier Ajak Dialog KKB, Ini Respons TNI


Letkol Tituler Deddy Corbuzier. (Dok Instagram / YouTube)
Jakarta - Pakar hukum pidana Universitas Indonesia (UI) Gandjar Laksmana Bondan menyarankan Deddy Corbuzier, yang berpangkat Letkol Tituler TNI, turun tangan terkait permasalahan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Gandjar menyarankan Deddy berdialog langsung dengan KKB Papua.
Hal tersebut diungkap Gandjar dalam cuitannya yang diunggah pada Kamis (20/4/2023). Gandjar sudah mengizinkan detikcom mengutip postingan tersebut.

Dalam postingan tersebut, Gandjar menyarankan Deddy terjun langsung untuk berdialog dengan KKB menyelesaikan permasalahan di Bumi Cendrawasih.

"Panglima TNI perlu pertimbangkan untuk mengirim Letkol Tituler Deddy Corbuzier (DC) ke Papua untuk mengemban misi perdamaian dengan pendekatan dialog. Kalo perlu minta DC undang pentolan KKB ke podcast-nya. Biar ada gunanya dikit dua melati bertengger di pundaknya," kata Gandjar melalui cuitan tersebut.

Tanggapan Puspen TNI
Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono tidak mengomentari secara gamblang kemungkinan keterlibatan Letkol Tituler Deddy Corbuzier menuntaskan permasalahan di Papua.

Julius menegaskan pihak TNI sejauh ini sudah melakukan negosiasi dengan KKB tapi tak diindahkan dan tidak ingin berdamai.

"Negosiasi sudah dilakukan, KST (kelompok separatis dan teroris) tidak ingin damai, justru malah merusak dengan brutal," kata Julius dihubungi terpisah, Kamis (20/4).

Di sisi lain, Julius meminta KKB segera menyerahkan pilot Susi Air Capt Philip Mark Merthens. Dia juga mengajak mereka untuk berdamai agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan.

"Korban sudah berjatuhan. Solusinya mudah, serahkan pilot tersebut dan letakkan senjata, mari kita bangun tanah Papua yang lebih bersahabat damai dan menyejahterakan banyak orang," ujarnya.

Baca juga:
Selain Pratu Miftahul, 3 Prajurit Lain Ditemukan Gugur Diserang KKB di Nduga
4 Prajurit TNI Gugur Diserang KKB
Tim gabungan TNI-Polri sebelumnya menemukan 4 prajurit TNI yang gugur akibat diserang KKB di Nduga, Papua Pegunungan. Keempat prajurit itu awalnya hendak mencari pilot Susi Air, Philip Marks Methrtens, yang disandera KKB.

Keempat prajurit tersebut merupakan Satgas Yonif Raider 321/Galuh Taruna ialah Pratu Ibrahim, Pratu M Arifin, Pratu Kurniawan, dan Prada Syukra.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama jajaran menyampaikan ucapan belasungkawa atas gugurnya keempat prajurit.

"Panglima TNI beserta jajaran TNI mengucapkan: 'Turut Berduka Cita' Kepada Prajurit terbaik yang Gugur sebagai Kusuma Bangsa," demikian disampaikan Pusat Penerangan (Puspen) TNI melalui akun Instagramnya, @puspentni, Kamis (20/4).

https://news.detik.com/berita/d-6683...i-respons-tni.

Ajak Podcast Sebby emoticon-Hammer2


Mirisnya Kondisi Pengungsi Papua, Bayi Tanpa Selimut dan Anak Trauma Lihat Tentara
[img]https://statik.tempo.co/data/2023/04/18/id_1197885/1197885_720.jpg[/img[
Sejumlah warga Maybrat, Papua Barat Daya, melakukan demo di depan Gedung DPRD Maybrat memprotes pendirian pos militer di kampung mereka, Senin, 17 April 2023. Sumber: istimewa

TEMPO.CO, Jakarta - Departemen perempuan Kingmi di tanah Papua, Ester Huluk menyebut kondisi pengungsi di Papua memburuk akibat konflik. Di beberapa pengungsian, dia menyaksikan bayi yang baru lahir tak memiliki selimut dan persediaan susu.

Saya melihat sendiri di beberapa titik bayi yang baru lahir tidak memiliki selimut sama sekali,” kata Ester dalam diskusi publik Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Kamis, 20 April 2023.


Pendamping para pengungsi ini mengatakan kondisi serupa juga dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Mereka tinggal dalam pengungsian-pengungsian terbuka dan tak memiliki selimut untuk melindungi diri dari udara dingin. “Tidak ada susu atau kain untuk ibu dan bayi yang baru lahir,” tutur dia.

Menurut pengurus Gereja Kingmi ini, para pengungsi mengalami trauma karena konflik yang berkepanjangan. Para pengungsi, kata dia, bermigrasi dari kampung halamannya secara sembunyi-sembunyi karena takut ketahuan oleh aparat TNI maupun Polri. Menurut dia, apabila ketahuan maka mereka akan dicurigai diinterogasi.

Ketegangan-ketegangan tersebut, kata dia, meninggalkan luka traumatis yang dalam di benak anak-anak. Mereka, kata dia, takut apabila melihat tentara. “Di gereja kami, kami lihat ada anak-anak sedang bermain sore hari, kemudian mereka melihat tentara dan polisi mendekat, saya lihat mereka lari menyembunyikan diri,” tutur dia.


Konflik antara TNI dan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB kembali meningkat di Papua. Insiden terbaru terjadi di Distrik Mugi-Mam, Nduga, Papua pada 15 April 2023. KKB menyerang satuan tugas dari Batalyon Infanteri Raider 321/Galuh Taruna saat berpatroli untuk membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Marthens. Dalam peristiwa itu, 4 prajurit TNI tewas tertembak.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meningkatkan status operasi di Papua menjadi siaga tempur karena serangan tersebut. Dia mengatakan status ini ditetapkan untuk membangunkan kesiapan tempur di kalangan prajurit TNI.

Kontak senjata antara TNI dan KKB sebenarnya telah terjadi sejak jauh hari sebelum peristiwa penyanderaan Philip. Ester mengatakan konflik tersebut membuat ribuan warga di sejumlah wilayah bereksodus menghindari dampak dari pertempuran. Dia memperkirakan ada ribuan orang yang mengungsi di sejumlah titik pengungsian. Kebanyakan pengungsi berasal dari daerah rawan konflik seperti Intan Jaya dan Nduga. Sementara, titik pengungsian yang saat ini diketahui berada di Yahukimo, Asmat, dan Jayapura.

Ester Huluk menilai penerapan status siaga tempur akan memperburuk kondisi para pengungsi. Jumlah warga yang mengungsi, kata dia, juga akan semakin bertambah. Dia meminta Presiden Jokowi untuk segera menghentikan operasi siaga tempur. “Kalau ingin menyelematkan pilot seharusnya dilakukan secara persuasif bukan keamanan. Pendekatan keamanan hanya menyebabkan lingkaran kekerasan yang tidak akan selesai,” ujar dia.

Dikutip dari Koran Tempo edisi Kamis, 20 April 2023, Kepala Kepolisian Resor Intan Jaya Ajun Komisaris Besar Afrizal Asri mengakui memang ada warga di Intan Jaya yang mengungsi. Dia mengatakan jumlah pengungsi diperkirakan berjumlah 234 orang. Mereka ditempatkan di Distrik Sugapa. Selain itu, sejumlah titik pengungsian lainnya berada di Kampung Bilogai, Wandoga, Yotakapa dan Holomama. “Kami tempatkan di tenda darurat. Kami beri bantuan makanan, obat-obatan dan layanan kesehatan,” kata dia.
https://nasional.tempo.co/read/17173...-lihat-tentara

Dampak konflik kepada masyarakat
GembelzBikerz
jenrinaldo09
tpnpbopm
tpnpbopm dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.