• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • 3 Negara yang Terjerat Jebakan Hutang China! Indonesia Termasuk?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
3 Negara yang Terjerat Jebakan Hutang China! Indonesia Termasuk?

Sumber Gambar

Cina saat ini tidak diragukan lagi kekuatannya di bidang ekonomi. Negara tirai bambu itu kini menjadi pesaing berat Amerika Serikat dalam menguasai ekonomi dunia. Tak jarang juga, banyak negara-negara yang berhutang dengan Cina. Seperti Indonesia contohnya yang berhutang pada Cina pada proyek kereta cepat.

Sayangnya, Cina disebut-sebut sengaja menjerat negara-negara miskin untuk masuk ke dalam jebakan batman mereka. Ada beberapa negara yang disebut-sebut terjerat oleh hutang Cina. Kebanyakan dari mereka adalah negara miskin yang proyek-proyeknya berakhir mangkrak.

Berikut adalah negara-negara yang dimaksud!emoticon-Bingung (S)



1. Kenya


Sumber Gambar

Negara asal Afrika ini gagal bayar hutang ke Cina terkait pembangunan proyek kereta yang menghubungkan ibukota Nairobi dengan kota Mombasa. Sebenarnya Kenya hanya meminjam 3,6 milyar dollar. Tapi mungkin nanggung, akhirnya ia meminjam 1,5 milyar lagi untuk memperpanjang rute kereta ke Naivasha.

Apabila negara ini gagal membayar hutangnya, Cina disebut-sebut akan mengambil alih salah satu pelabuhan besar di negara itu. Yang mana menjadi aset negara terbesar Kenya pada saat ini.

2. Uganda


Sumber Gambar

Pada 2021, pemerintah Uganda gagal membayar hutang ke pada Cina pada masa tenggang yang telah ditentukan. Yang membuat khawatir adalah, dalam klausul yang tertera Kenya harus menyerahkan bandara internasional mereka apabila sampai gagal membayar hutang ke China yang dipinjamkan pada 2015 sebesar 207 juta dollar.

Padahal Presiden Uganda sudah mengutus orang ke Beijing demi bernegosiasi dengan Cina untuk merundingkan persyaratan pembayaran hutang mereka. Tapi Cina dengan tegas menolak segala perubahan apa pun. Sampai sekarang belum diketahui update terbaru mengenai keadaan di sana.

3. Sri Lanka


Sumber Gambar

Nah, yang satu ini mungkin sudah dengar ya. Contoh negara yang benar-benar runtuh akibat hutang. Negara pulau yang berada di ujung India ini terlibat hutang dengan Cina dan gagal membayar. Cina sudah meminjamkan uang ke Sri Lanka sejak 2005 untuk pembangunan infrastruktur. Sayangnya, infrastruktur itu kabarnya tidak menguntungkan bagi mereka.

Sri Lanka memiliki hutang sebesar 8 milyar dollar kepada Cina dan dianggap sebagai salah satu kecerobohan terbesar mereka. Kabarnya Cina juga minta jatah ekspor ke Sri Lanka dengan nilai 3,5 milyar dollar. Sama seperti Uganda, mereka mengirim delegasi ke Cina untuk bernegosiasi tapi ditolak oleh Beijing.

Akibat kebangkrutan ini, sempat terjadi kekacauan di Sri Lanka yang akhirnya merembet ke masalah politik.

emoticon-Turut Berduka

Ya, itulah tadi 3 negara yang terjerat hutang Cina. Sebenarnya, Cina juga sepertinya tidak cuma-cuma memberikan pinjaman. Dengan klausul-klausul tertentu, Cina tentu juga ingin untung. Dan negara-negara yang bisa dibilang miskin seperti di Afrika jadi sasaran tepat untuk mereka. Banyak yang menyebut bahwa Cina memang sengaja menjebak mereka. Tapi menurut TS, ini pintar-pintar negara itu saja.

Kalau mereka pintar, mereka tidak perlu pinjam sama Cina. Mau gimana lagi? Sulit sih, tapi mereka juga butuh.

emoticon-Shakehand2

Menurut kalian, apakah Indonesia akan bernasib sama? Semoga tidak! emoticon-Takut (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MemoryExpress
abuycool
beta tester
beta tester dan 16 lainnya memberi reputasi
15
7.3K
174
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.