aurora..Avatar border
TS
aurora..
Meningitis, Penyakit Berbahaya Yang Bikin Sedih Tak Berujung

Sumber Gambar:Koleksi pribadi gue


Perpisahan kali ini untukku...
Akan menjadi kisah...
Sedih yang tak berujung...


Begitulah penggalan lirik lagunya mendiang Glenn Fredly yang berjudul "Sedih Tak Berujung". Jadi, hari ini, 3 tahun yang lalu, musisi sekaligus penulis lagu Glenn Fredly tutup usia karena penyakit meningitis atau radang selaput otak yang dideritanya selama kurang lebih satu bulan. Kematian Glenn Fredly pada tanggal 8 April 2020 silam telah menjadi kisah sedih yang tak berujung bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi para penggemarnya.

Selain Glenn Fredly, pelawak Olga Syahputra juga tutup usia karena meningitis pada tanggal 27 Maret 2015 silam. Sama seperti Glenn Fredly, kematian Olga Syahputra juga telah menjadi kisah sedih yang tak berujung bagi masyarakat Indonesia.



Meningitis atau radang selaput otak merupakan peradangan (inflamasi) pada selaput yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Selaput tersebut terdiri dari 3 lapisan, yaitu dura mater (lapisan terluar yang paling kuat), araknoid (lapisan tengah yang berbentuk mirip seperti jaring laba-laba) dan pia mater (lapisan terdalam yang paling halus).

Tahun 2016, Indonesia menjadi negara dengan jumlah kasus dan jumlah kematian akibat meningitis tertinggi se-Asia Tenggara. Di sepanjang tahun 2016, dari total 78018 kasus meningitis di Indonesia, tercatat ada sebanyak 4313 penderita meningitis yang meninggal dunia. Sedangkan di sepanjang tahun 2010, menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah penderita meningitis secara keseluruhan mencapai 19381 orang, dengan rincian penderita laki-laki sebanyak 12010 orang dan penderita perempuan sebanyak 7371 orang, sedangkan penderita meningitis yang meninggal dunia di sepanjang tahun 2010 sebanyak 1025 orang (Kemenkes RI, 2019).



Oke, oke, tidak usah banyak omong lagi emoticon-Shutup.

Berikut adalah penjelasan tentang penyakit meningitis.

Selamat menyimak emoticon-Smilie.

Quote:


Quote:


Quote:
abuycool
adolfsbasthian
adolfsbasthian dan abuycool memberi reputasi
2
1.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.