• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Punya Nyali Besar Kritik Pemerintah? Awas, Ini Beberapa Resiko Saat Kurang Hati-hati!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Nyali Besar Kritik Pemerintah? Awas, Ini Beberapa Resiko Saat Kurang Hati-hati!
Tidak bisa sembarangan kritik pemerintah, ini dia beberapa resiko yang bisa terjadi jika kurang hati-hati


Awbimax alias Bima Yudho Saputro, nama pemuda asal Lampun yang saat ini tengah menempuh pendidikan tinggi di Australia ini tengah menjadi sorotan publik di Indonesia setelah memberikan kritikan terhadap pemerintah Provinsi Lampung.

Bima Yudho Saputro membahas tentang alasan-alasan kenapa Provinsi Lampung sulit untuk maju dengan beberapa fakta, tetapi akibat gaya bahasanya yang dianggap ceplas-ceplos oleh beberapa pihak akhirnya menyebabkan ketersinggungan sehingga berujung pada laporan Polisi yang ditujukan kepada Bima Yudho Saputro sendiri.

Meskipun Bima Yudho Saputro dianggap ceplas-ceplos dalam menyampaikan kritik, tidak sedikit netizen yang pro dengan kritik yang disampaikan oleh Awbimax dan mendukung penuh Awbimax untuk terus bersuara. Adapun alasan warganet mendukung Awbimax alias Bima Yudho Saputro yaitu karena dirinya memiliki power dengan akun media sosial Instagramnya nya yang memiliki followers lebih dari 116 ribu orang.




Sudah beberapa kali TS menulis dan menjelaskan di thread-thread yang telah TS buat terkait apa itu kritikan dan bagaimana tata cara mengkritik yang baik dan benar untuk menghindari beberapa masalah.

Tidak dapat dihindarkan saat Agan Sista menjadi sosok kritikus atau orang yang frontal serta bernyali dalam mengkritik seseorang atau pemerintahan, maka akan ada beberapa resiko yang harus dihadapi.

Berikut ini beberapa resiko yang harus dihadapi saat Agan Sista kritis dan frontal dalam mengkritik pemerintah.


1. Menimbulkan Ketersinggungan

Kritik dan ketersinggungan, dapat dikatakan ini adalah dua hal yang tidak bisa untuk dipisahkan karena memang akan selalu ada yang merasa tersinggung dengan sebuah kritik entah yang tersinggung yang berkaitan atau tidak berkaitan sama sekali dengan kritikan yang dilontarkan seseorang.

Tentu saja ketersinggungan ini tidak bisa untuk dihindari sehingga Agan Sista bisa untuk merasa aman selama isi kritikan yang menimbulkan ketersinggungan tidak berisi SARA.

2. Berujung Pelaporan

Buntut dari adanya ketersinggungan tidak menutup kemungkinan pihak yang merasa tersinggung akan melakukan laporan Polisi dengan pasal-pasal yang mungkin bisa untuk dikenakan kepada mereka yang melakukan kritik.

Dari sini Agan Sista harus paham tentang bagaimana cara mengkritik yang baik dan benar, yaitu mengkritik tanpa memberikan celah untuk seseorang dapat menuntut karena merasa dirugikan.

3. Ancaman

Sebagaimana yang dialami oleh Awbimax, bukan dilaporkan ke Polisi akibat dari kritik yang disampaikan dengan cara yang ceplas-ceplos, pemuda tersebut menjelaskan bahwa keluarganya mendapatkan ancaman dari pihak tertentu setelah dirinya memberikan kritik tersebut.

Bukan tidak mungkin memang resiko mengkritik seseorang, lembaga tertentu atau bahkan pemerintah, akan ada orang yang merasa terganggu sehingga memberikan ancaman-ancaman tertentu.



Berikut tadi GanSis beberapa hal yang menjadi resiko saat kalian memberikan kritik kepada seseorang, lembaga, atau pemerintah dengan cara yang kritis, frontal, atau ceplas-ceplos.

Setiap tindakan atau perilaku pasti akan ada resiko yang menjadi akibat, itulah sebabnya kita bisa memilih untuk aman atau berkorban menyampaikan fakta dengan segala hal yang menjadi dampaknya.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Tonythompson94
didududi
agusn6778
agusn6778 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.9K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.