harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Gerhana Matahari Hibrida akan Terjadi di Indonesia! Daerahmu Termasuk? Cek Sekarang!

Sumber Gambar

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena yang cukup jarang terjadi. Fenomena ini terjadi pada saat bulan dan matahari berada di satu garis lurus yang membuat sebagian dari matahari atau bahkan semuanya tertutup oleh bulan. Alhasil, tampak siluet hitam yang menghalangi masuknya cahaya matahari ke bumi.

Terakhir TS merasakan gerhana matahari adalah pada tahun 2016, saat itu gerhana matahari total di mana siang mendadak menjadi gelap selama beberapa detik. Itu merupakan pengalaman pertama kali TS melihat gerhana matahari sungguhan. Maksudnya gerhana yang benar-benar dampaknya terasa sangat nyata.

Nah, kita berkesempatan untuk bertemu dengan gerhana matahari lagi pada tanggal 20 April nanti. Gerhana matahari ini bahkan bisa dibilang langka karena merupakan gerhana matahari hibrid. Apakah itu? Gerhana ini merupakan gerhana matahari cincin dan total yang terjadi berurutan pada satu waktu.


Sumber Gambar

Gerhana ini memiliki dua fase. Yaitu fase puncak di mana matahari berbentuk cincin karena posisi bulan tepat di tengah-tengah. Sedangkan fase satu lagi adalah fase di mana bulan seakan terlihat menutup total keseluruhan matahari. Waktu fase puncak dan fase total akan berbeda-beda tergantung di daerah mana kita melihatnya.

Untuk itu, kita perlu tahu apakah daerah kita dilewati oleh gerhana ini atau tidak. Kita juga perlu tahu di jam berapakah gerhana ini terjadi pada fase puncak dan fase total. Berikut TS sudah siapkan daftar daerah beserta waktu untuk melihatnya.


Gambar Pribadi
Sumber Data


Perlu diingat bahwa melihat gerhana matahari sebaiknya jangan dilihat langsung dengan mata telanjang karena dapat merusak mata. Karena pada saat gerhana terjadi fotosfer bumi akan memancarkan radiasi ultraviolet tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata kita.

Untuk melihatnya dengan aman, kita perlu memakai kacamata pelindung yang berstandar ISO. Atau melihatnya dengan teropong yang memiliki filter cahaya yang aman. Dan cara paling aman adalah dengan menyaksikannya melalui siaran online kalau ada.


Sumber Gambar

Jangan pakai kacamata hitam! Mungkin pada saat cuaca terik dan silai kacamata hitam sangat nyaman untuk meredam sinar matahari. Tapi pada saat gerhana, sinar matahari yang terpancar berbeda dan intensitasnya jauh lebih tinggi. Jadi tidak menjamin mata kita bisa aman. Jika ngotot ingin lihat langsung, cobalah datang ke tempat pengamatan resmi yang diawasi langsung oleh ahlinya.

Gerhana matahari hybrid pada 20 April memang menarik untuk dinanti. Maka dari itu, jika memang ingin menyaksikan momen langka ini secara langsung, persiapkan segala hal yang dibutuhkan supaya kita bisa melihatnya secara aman.

emoticon-2 Jempol

Gimana GanSis? Kalian tertarik lihat gerhana ini?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 12-04-2023 23:05
indrastrid
kolepsquad
angelkidz
angelkidz dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.4K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.