Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fachzAvatar border
TS
fachz
Operasi Barbarossa: Invasi Jerman ke Uni Soviet
Operasi Barbarossa: Invasi Jerman ke Uni Soviet

Hai agan dan sista! Kita bakal bahas tentang invasi Jerman ke Uni Soviet nih, yang terjadi pada masa Perang Dunia II. Jadi, alasan Jerman menginvasi Uni Soviet adalah karena Hitler membenci komunisme dan merasa orang Jerman perlu ruang tinggal baru di timur. Kita semua tahu bahwa Hitler sangat fanatik dengan ideologinya yang rasis dan ingin menguasai banyak wilayah di dunia.

Pada saat itu, Jerman memiliki kekuatan militer yang sangat besar dan dipandang sangat kuat. Operasi Barbarossa diluncurkan pada 22 Juni 1941, dengan kekuatan gabungan antara Jerman dan aliansinya: orang Italia, Rumania, Hungaria, dan Slovakia menyerang Uni Soviet dari tiga arah yang berbeda. Namun, Uni Soviet yang dianggap lemah oleh Jerman ternyata memiliki kekuatan militer yang tidak bisa diremehkan. Pasukan Soviet memiliki lebih dari 5 juta tentara, ribuan tank, dan pesawat tempur yang siap untuk menahan kekuatan Jerman.

Pertempuran Musim Dingin adalah salah satu momen penting dalam invasi ini. Tentara dan alutsista Jerman tidak siap menghadapi musim dingin yang ekstrim di Uni Soviet, di sisi lain Uni Soviet berhasil membuat tank T 34 yang lebih canggih dari tank Jerman. Kekuatan Jerman yang semakin menurun membuat mereka semakin kesulitan menghadapi serangan Uni Soviet yang semakin kuat. Uni Soviet dapat membalik keadaan di pertempuran ini.

Pertempuran Stalingrad juga merupakan pertempuran yang krusial dalam perang ini. Hitler ngotot untuk merebut Stalingrad, namun tentara Jerman kekurangan tenaga karena kerugian selama pertempuran musim dingin, sedangkan Stalin berusaha keras mempertahankan kota tersebut. Pertempuran ini sangat berat dan banyak korban yang jatuh.

Musim dingin pun kembali datang di Uni Soviet dan pasukan Jerman masih belum siap. Akhirnya, pasukan Jerman mengalami kekalahan di tangan Uni Soviet yang semakin kuat.  jenderal Friedrich von Paulus menyerah pada 31 Januari 1943, dan unit Jerman terakhir menyerah keesokan harinya. Ini menjadi momen penting dalam sejarah perang dunia kedua, karena invasi Jerman ke Uni Soviet sangat berpengaruh dalam kemenangan Sekutu.

Nah, itu tadi cerita tentang invasi Jerman ke Uni Soviet yang menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah dunia. Jangan lupa kasih komentar dan cendol ya agan dan sista!
bukan.bomat
nyonyo2
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.2K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.