Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khu.lungAvatar border
TS
khu.lung
Johanis Ngaku Chat 'Cari Duit' Sebelum Pimpin KPK, Padahal Sudah Terpilih






Jakarta - Johanis Tanak mengatakan percakapan via aplikasi perpesanan antara dirinya dan Plh Dirjen Minerba Kementerian ESDM Muhammad Idris Froyoto Sihite terjadi sebelum dirinya menjabat Wakil Ketua KPK. Begini timeline pengusulan hingga pengambilan sumpah Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK.

20 September 2022
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan surat kepada DPR RI. Dalam surat itu, Jokowi mengajukan dua nama untuk dipilih DPR sebagai pimpinan KPK menggantikan Lili Pintauli Siregar yang mundur akibat dugaan gratifikasi.

Dua nama tersebut ialah Johanis Tanak yang merupakan jaksa dan I Nyoma Wara yang merupakan auditor utama investigasi di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Yang saya dengar kan namanya Pak Johanis Tanak kalau nggak salah, sama Pak Nyoman Wara kalau nggak salah ya, yang dari BPK ya," kata anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).


28 September 2022
Komisi III DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dua calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti Lili Pintauli. Dua calon pimpinan KPK itu adalah Johanis Tanak dan I Nyoman Wara.

Setelah melakukan uji kelayakan, Komisi III DPR menggelar pemilihan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Wakil Ketua KPK. Hasilnya, Johanis Tanak mendapatkan 38 suara, sementara I Nyoman Wara mendapatkan 14 suara. Total 53 suara, dengan 1 suara abstain.

29 September 2022
DPR RI kemudian mengesahkan Johanis Tanak menjadi pimpinan KPK menggantikan Lili Pintauli Siregar. Pengesahan ini dilakukan dalam rapat paripurna ke-6 masa persidangan I tahun 2022-2023 di ruang rapat paripurna DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Hadir Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Rachmat Gobel.

Pengesahan pimpinan KPK diawali dengan laporan Komisi III DPR, yang membidangi lingkup tugas hukum dan HAM, kepada para anggota Dewan dalam rapat paripurna. Laporan itu disampaikan oleh anggota Komisi III DPR Habiburokhman.

"Terima kasih kami ucapkan kepada pimpinan Komisi III DPR yang telah menyampaikan laporannya. Dan perkenankan kami menanyakan kepada sidang Dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III DPR terhadap hasil uji kelayakan calon anggota pengganti pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dapat disetujui?" tanya Dasco kepada seluruh rapat.

"Setuju," jawab anggota Dewan.

12 Oktober 2022
Potongan chat Johanis Tanak dengan Plh Dirjen Minerba ESDM Idris yang viral di media sosial disebut terjadi pada 12 Oktober 2022. Salah satu kalimat di percakapan itu ialah 'bisalah kita cari duit.

Percakapan itu sendiri viral pada Kamis (13/4/2023). Percakapan itu dimulai dengan perkenalan diri Johanis Tanak kepada Idris pada 12 Oktober 2022.

Berikut isi percakapan keduanya:

Johanis: Selamat Malam Pak Karo, bisa sy tlp. Salam Sehat J. Tanak

Idris: Malam Pa

Johanis: Waduh, masi bisalah kita cari duit, saya sdh buka kantor dgn teman, tp sy madi main di belakang layar, kita bisa bergabunglah main di belakang layar RHS cuma tuk konsumsi kita aja

Idris: Mantaaaaap pak

Johanis: Iya, sy pun agak terlambat tp sejak thn 2012 sy mulai diminta teman2 tuk bantu2 di perusahaan mereka tp tdk full time. Hal tsb sy lakoni krs sy sadar bhw tdk ada pimpinan Kejaksaan yg mau perhatikan kita, jd sy perlu berpikir n menyikapi langkah yg tepat tuk mengatasi kebutuhan hidup di Jkt ini yg penuh tantangan hidup.

Sekarang sy mulai coba buka kantor dgn teman, salah 1 kawan saya marga purba, bukan dr Kejaksaan. Kerjaan sy carikan klien, diskusi dgn klien n ikut membuat konsep yg akan dikerjakan nanti teman2 yg maju siang atau negosiasi dgn pihak lawan.

Kalau kita cuma harap gaji, ras (chat terputus)

Idris: Bagus sekali pak.


28 Oktober 2022
Johanis Tanak resmi menjadi pimpinan KPK. Dia membacakan janji di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Acara pengucapan sumpah janji Johanis Tanak digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/10/2022).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan Keppres pengangkatan Johanis Tanak menjadi pimpinan KPK. Johanis kemudian mengucapkan janji di depan Jokowi. Rohaniwan berdiri di samping Johanis.

"Saya berjanji, bahwa saya senantiasa akan menolak atau tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapa pun juga, dan saya akan tetap teguh melaksanakan tugas dan wewenang saya yang diamanatkan UU kepada saya. Kiranya Tuhan menolong saya," demikian petikan sumpah yang dibacakan.




Johanis Ngaku Chat 'Cari Duit' Sebelum Pimpin KPK, Padahal Sudah Terpilih

Johanis Ngaku Chat 'Cari Duit' Sebelum Pimpin KPK, Padahal Sudah Terpilih (detik.com)

sumpah jabatannya sih make bible, tapi moralnya salah satu ketua lembaga pemberantasan korupsi malah korup kek gini emoticon-Ngakak (S)

pantas makin ambles peringkat korupsi Indo sekarang. prestasi plecidennya juga ini yg ngusulin orang kek gini jadi ketua KPK emoticon-Big Grin
Diubah oleh khu.lung 13-04-2023 08:48
janurhijau
soda.water
sc5
sc5 dan 9 lainnya memberi reputasi
8
1.5K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.