Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Minta-minta THR Tak Cerminkan Marwah Muslim, MUI: Tidak Terpuji


PIKIRAN RAKYAT - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Muhammad Cholil Nafis menanggapi maraknya kasus pemungutan uang tunjangan hari raya (THR) oleh oknum Ormas maupun lembaga yang memberatkan masyarakat atau badan usaha tertentu jelang Lebaran 2023. Cholil mengecam aksi 'minta-minta' yang dilakukan oknum terkait lantaran dinilai tidak mencerminkan akhlak yang terpuji.

Lebih lanjut, Ketua MUI itu mengatakan tindakan meminta THR tidak pantas dilakukan karena sejatinya hadiah diberi atas dasar rasa cinta dan suka bukan karena paksaan.

"Tindakan meminta THR adalah tindakan tidak terpuji karena hadiah adalah pemberian bukan untuk diminta," kata Cholil kepada pers di Jakarta, Selasa.

Cholil menuturkan, aksi yang belakangan banyak dilakukan oknum, jelas tidak menunjukkan marwah dan harga diri seorang Muslim. Karena semestinya hamba yang berserah diri berupaya untuk qanaah dan mengamalkan sifat iffah.

"Iffah adalah ketika Anda membutuhkan tapi pura-pura tidak butuh. Menahan diri, meskipun mengharapkan hadiah tapi tidak meminta. Jika kemudian diberi pemberian oleh orang lain maka itu boleh diterima," ujarnya.

Di sisi lain, Cholil mengatakan THR diberi sukarela oleh pemberinya, sementara apabila seseorang meminta THR beserta mencantumkan nominal di suratnya, maka konteks surat edaran tersebut bukan lagi permohonan melainkan pemungutan.

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...tidak-terpuji?
nomorelies
dasagriwa
.bindexee.
.bindexee. dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.