• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Dokter Muda Rumah Sakit Medan Ngamuk Gegara Diklaksoni Terus? Langkah Hukumnya Gan!

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Dokter Muda Rumah Sakit Medan Ngamuk Gegara Diklaksoni Terus? Langkah Hukumnya Gan!
Dokter Muda Rumah Sakit Medan Ngamuk Gegara Diklaksoni Terus? Langkah Hukum yang Benar Bukan dengan Arogan Ya Gansist karena Bisa Melaporkan ke Yang Berwajib Jika Merasa Terganggu Akibat Knalpot Bising!

















Orang Indonesia kalau dibandingkan dengan orang India mungkin sama saja, baik kultur maupun budayanya dan bisa dikatakan suka emosian jika ada sesuatu yang mengganggu dirinya?
Salah satunya ketika kita mendengar suara knalpot yang sangat cumakkan telinga, namun walau mirip budayanya tapi sangat beda kebiasaannya,di India kita itu bisa bunyikan knalpot sekencang kencangnya dijalan dan diwaktu kapanpun nah itu sangat tidak berlaku di Indonesia, lebih baik membunyikan knalpot sesekali, pelan, jangan terus menerus karena sudah banyak pemberitaan warga yang kalap akibat bisingnya suara knalpot.

Beberapa alasan mendasarkan knalpot yang membikin bising adalah bisa membuat gangguan pada kesehatan, dampak lingkungan, pelanggaran hukum, gangguan pada keamanan, etika, sopan santun dan yang terakhir adalah kebutuhan akan ketenangan!














Dan perbincangan tentang knalpot lagi lagi kembali viral di Indonesia karena seorang dokter muda (mahasiswa yang sedang koas) di Medan, Sumatera Utara ngamuk gegara tak terima diklaksoni terus oleh sebuah mobil di parkiran RSUD Dr Pirngadi.

Sedangkan video sendiri bersumber dari sebuah akun @akuaslimedan yang memperlihatkan seorang dokter muda dengan raut muka penuh amarah kepada orang dalam mobil disebelah dirinya, malah sampai membuka paksa mobil tersebut hingga memukul tubuh ibu dalam mobil yang sebenarnya akan turun dan sang ibu tersebut pun akhirnya marah hingga video ini memicu banyak komentar netizen menganggapi sikap arogan dokter muda tersebut.

Dari media disebutkan kemarahannya dipicu oleh suara klakson yang terus didengungkan oleh mobil ibu ibu tersebut tapi sikap arogannya sih menurut saya juga kurang baik dan tentu membunyikan klakson terus menerus bikin bising pun sangat tidak baik, akan lebih baik jika si dokter muda itu melaporkan tindakan kurang menyenangkan ini ke petugas yang berwajib di kota Medan karena ini sudah merupakan tindakan melanggar hukum.

Pada dasarnya tentang knalpot ada aturannya yaitu Undang Undang nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 yang didalamnya aturan kewajiban menggunakan knalpot laik pakai beserta ancaman kurungan bagi yang melanggarnya dan juga standar kebisingan knalpot.















Sedangkan langkah hukumnya jika mengalami tindakan gegara terganggu suara knalpot yang berisik menurut Trijata Ayu Pramesti SH dari hukum online adalah tak perlu bersikap berlebihan seperti dokter muda di medan tersebut karena hidup dengan nyaman adalah hak tiap orang maka lebih baik dilaporkan saja ke polisi.


1). Suara bising knalpot diwaktu malam dijerat pasal 503 angka 1 KUHP

2). Aturan dari perda contoh di kota Bandung peraturan daerah kota Bandung nomor 3 tahun 2005 tentang penyelenggaraan kebersihan, ketertiban dan keindahan pasal 36

3). Peraturan mahkamah agung nomor 2 tahun 2012 tentang


4). RUU KUHP 229 ayat 4 ancaman bagi yang membuat hingar bingar (perumusan ulang dari pasal 503)


Memang suara knalpot bising maupun kegaduhan lain itu sangat mengganggu tapi lebih bijak jika kita pintar menyikapinya, sekelas dokter kok arogan seperti itu harusnya bisa memperlihatkan kelasnya, karena menurut saya sendiri tentang tindakan haruslah sesuai diri kita sebagai siapa, seorang priyayi bertindaklah sebagaimana priyayi, seorang ningrat, ksatria dan terpelajar pasti akan berbeda tindak tanduknya tidak seperti orang sudra baik dalam hal menghadapi masalah, berbicara, berkomentar atau tingkah laku.


"narasi dan opini sendiri"



Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3

4

5

Penelusuran Gambar Google
ochezz
bang.toyip
provokadrun
provokadrun dan 21 lainnya memberi reputasi
18
4.9K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.