Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Novel Baswedan: Firli Bahuri Kerap Foto Dokumen Rahasia Kasus Korupsi

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengatakan Ketua KPK Firli Bahuri kerap memfoto risalah atau dokumen rahasia gelar perkara untuk dikirimkan kepada pihak terkait.
Novel mengatakan tindakan itu dilakukan Firli saat menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK. Ia tak kaget jika ada pemberitaan yang menyebut Firli melakukan banyak pelanggaran kode etik.

"Saya teringat Firli Bahuri ketika mengikuti ekspose, bahkan ketika masih menjadi Deputi Penindakan dia sering memfoto-foto risalah atau dokumen rahasia ekspose," kata Novel di Gedung KPK lama, Jakarta Selatan, Senin (10/4).

Novel menilai modus yang sama dilakukan Firli pada kasus dugaan kebocoran dokumen hasil penyelidikan di Kementerian ESDM yang saat ini tengah bergulir di Dewan Pengawas (Dewas KPK).

Ia menduga Firli mengambil gambar dokumen rahasia dan membocorkannya kepada pihak beperkara. Menurutnya, perbuatan tersebut tidak hanya melanggar etik melainkan juga pidana.

"Dia memfoto dan kemudian memberikan kepada pihak yang berperkara. Ini kan membocorkannya sudah pada level menghalang-halangi penyidikan. Tentunya saya lebih melihat ini pidana," ujarnya.

"Tapi terlepas dari pidana, ini menjadi ujian buat Dewas untuk bisa menegakkan etik dengan cara yang baik demi kepentingan KPK," sambungnya.

CNNIndonesia.com telah meminta tanggapan kepada Firli terkait tudingan Novel tersebut, namun yang bersangkutan belum merespons.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri enggan menanggapi dugaan kebocoran dokumen hasil penyelidikan dimaksud. Ia hanya menyerahkan sepenuhnya kepada Dewas KPK lantaran sudah ada laporan yang masuk.

"Kami tentu sangat menghargai beberapa pihak yang melaporkan dinamika dan isu dugaan kebocoran dokumen kepada Dewas KPK. Kita semua tentu juga menunggu hasil tindak lanjut dari Dewas KPK tersebut," ucap Ali.

Sejumlah mantan pimpinan KPK resmi melaporkan dugaan pelanggaran kode etik Firli ke Dewas KPK terkait kebocoran dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM pada Senin (10/4).

Sebelumnya, beredar di media sosial diduga dokumen yang menyerupai laporan hasil penyelidikan KPK. Dokumen itu ditemukan ketika Tim Penindakan KPK menggeledah kantor Kementerian ESDM, tepatnya di ruangan Kepala Biro Hukum Setjen Kementerian ESDM.

Dokumen laporan tersebut bersifat rahasia dan hanya diperuntukkan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas penyelidikan kepada Pimpinan KPK.

Atas temuan tersebut, pejabat ESDM itu diinterogasi dan diketahui dokumen tersebut diperoleh dari Menteri ESDM Arifin Tasrif yang menerima dari Ketua KPK Firli Bahuri.

Tujuan penyampaian dokumen tersebut supaya X berhati-hati dan melakukan antisipasi terhadap upaya penindakan yang dilakukan KPK.

sumber

pak Firli baik juga gan, memperingatkan pejabat agar lebih berhati2  emoticon-thumbsup
valkyr1
nomorelies
petani.syusyu
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.