fachzAvatar border
TS
fachz
Genosida Armenia


Halo agan dan sista, ane mau ngebahas topik yang cukup berat nih, yakni genosida Armenia. Sebenernya, orang Armenia dan Turki udah gak sukaan sejak lama, dan tension antara kedua bangsa ini sampai sekarang masih tinggi.

Nah, orang Armenia ini mayoritas adalah orang Kristen Ortodoks yang tinggal di kawasan Kaukasus. Mereka udah hidup di wilayah Turki sejak lama. Tapi, sayangnya, Turki nggak terlalu suka dengan keberadaan orang Armenia. Ada beberapa faktor yang bikin Turki gak suka dengan orang Armenia, salah satunya adalah agama yang mereka anut. Selain itu, ada juga faktor sejarah dan politik yang memperburuk hubungan kedua pihak ini.

Genosida Armenia terjadi di awal abad ke-20, tepatnya pada masa pemerintahan Kesultanan Utsmaniyah yang sekarang dikenal sebagai Turki. Kejadian ini bermula dari kekhawatiran Turki terhadap bangsa Armenia yang mereka anggap sebagai ancaman bagi kedaulatan mereka karena warga Armenia membentuk gerakan revolusioner untuk menuntut kesetaraan hak-hak sipil dasar. Lalu, Turki memutuskan untuk membasmi bangsa Armenia dengan cara yang brutal dan kejam. Ada pembantaian massal pertama yang tercatat sejarah pada tahun 1894-1896 di bawah kekuasaan Sultan Abdul Hamid II. Ribuan orang Armenia meninggal dalam pembantaian ini.

Genosida Armenia selanjutnya terjadi selama pemerintahan Turki muda dan Perang Dunia I. Kembali, tindakan kejam dan brutal dilakukan dan ribuan orang tewas dalam genosida ini. Di beberapa tempat, wanita-wanita Armenia dirudapaksa dan dipaksa menikah dengan orang Turki atau melayani sebagai budak. Harta orang-orang Armenia yang dideportasi juga turut disita. Diperkirakan sekitar 1,5 juta orang Armenia meninggal dalam genosida ini.

Sekarang, kita udah masuk di abad ke-21 dan Turki masih enggan mengakui genosida ini sebagai tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan. Padahal, banyak negara dan organisasi internasional yang udah mengakui genosida Armenia sebagai tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Nah, gimana menurut agan dan sista? Apa pendapat kalian tentang genosida Armenia? Apakah Turki harus mengakui kesalahan masa lalu mereka atau tidak? Share pendapat kalian di kolom komentar, dan jangan lupa kasih cendol buat tulisan ini kalau bermanfaat ya!
AgusLie007
willz.smith
aditmaukemana
aditmaukemana dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.