shinsounAvatar border
TS
shinsoun
Habib Ja'far: Keturunan Habib Wajib Dicintai dan Dihormati, Apapun yang Dia Lakukan


Habib Ja'far mengungkapka kewajiban umat islam untuk menghormati dan mencintai habib, karena mereka merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Melalui tayangan YouTube NOICE yang dibintangi oleh Yusril Fahriza dan Habib Husein Ja'far ini membahas seputar perbedaan tradisi antara NU dan Muhammadiyah.

Habib Ja'far menyebutkan bahwa keturunan nabi kerap kali mendapat privilege lantaran ada hal yang diambil dari mereka dibandingkan dengan masyarakat umum dan ada darah nabi yang mengalir dalam diri mereka.

Sedangkan di Muhammadiyah, Yusril Fahriza mengaku tak pernah diajarkan untuk mengkultuskan suatu individu karena hukumnya bid'ah.

Habib Ja'far menegaskan bahwa bukan maksudnya mengkultuskan seorang habib, melainkan apa yang ada di balik tokoh habib ini.

“Sebenarnya bukan mengkultuskan, karena tidak kepada si tokoh ini, tapi apa yang ada di balik tokoh itu,” ucap Habib Ja'far saat berbincang dengan Yusril pada Minggu (9/4/2023).

Lebih lanjut Habib Ja'far mengungkapkan kewajiban menghormati dan mencintai habib ini tercantum di beberapa hadits yang mereka yakini.

“Keturunan nabi itu wajib dicintai dan dihormati siapapun, apapun yang telah dia lakukan. Kalau nunggu dia baik atau alim ya gak ada bedanya, semua orang baik dan alim ya harus dihormati,” jelas Habib Ja'far


Selain itu Habib Ja'far juga menjelaskan adapun keturunan nabi yang tidak baik dan tidak alim, dalam artian tidak menunjukkan akhlak nabi, ia harus tetap dihormati.

Habib Ja'far menyebutkan suatu hadits Nabi yang meminta kepada umat islam untuk menghormati dan mencintai habib.

“Kalau kamu baik kepada keturunanku, kalau dia tidak sempat membalas kebaikanku, maka akan aku balaskan nanti di akhirat,” sabda Nabi di hadits tersebut.

Habib Ja'far Kembali menegaskan, bahwa penghormatannya tetap kepada nabi Muhammad, namun melalui darahnya atau keturunannya.

“Sama kaya kita ke Turki mencium pedang nabi, kan ada pedang nabi tuh Zulfikar terus ada jubah nabi, itu kita hormati karena itu benda mati yang pernah dipakai oleh nabi, logikanya sih gitu” jelasnya.

Habib Ja’far jelaskan arti dari mencintai ini bukan berarti semua perintahnya diiyakan, jika memang salah, jangan diikuti dan jangan segan untuk menegur.

Sumber: https://soreang.suara.com/amp/read/2...ng-dia-lakukan
..Minyak.BABI..
bhagarvani
viniest
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
-2
4.4K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.