• Beranda
  • ...
  • Hansip Hoax
  • Hati-hati dan Waspada! Muncul Maling Modus Baru, Ganti Barcode Qris Kotak Amal Masjid

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hati-hati dan Waspada! Muncul Maling Modus Baru, Ganti Barcode Qris Kotak Amal Masjid
Wajib hati-hati dan waspada, heboh pencurian dengan modus mengganti barcode Qris kotak amal masjid


Era semakin modern, teknologi pun semakin canggih dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk membantu segala macam aktivitas mulai dari berkomunikasi, membagikan informasi, mempercepat pekerjaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di era teknologi yang semakin hari semakin canggih seperti sekarang tentu Agan dan Sista juga dituntut untuk tidak gagap teknologi dan selalu mengikuti perkembangan. Sebab diketahui bahwa adanya teknologi yang suoer canggih bukan hanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif melainkan huga dijadikan sebagai modus-modus penipuan serta kejahatan.

Sebagaimana kasus kejadian modus baru pencurian yang tengah viral dibahas di media sosial.

Dilansir dari akun Instagram @unikinfo_id, dibagikan sebuah video yang menunjukkan seorang pria tengah mengendap-endap untuk mengganti barcode Qris kotak amal di sebuah masjid.

Diketahui video yang beredar di media sosial tersebut merupakan hasil rekaman CCTV dari masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan lantai 7, dan menurut informasi yang ada, pelaku juga pindah ke masjid lain yang berlokasi di daerah Kalibata.


Quote:


Dilansir dari sumber yang berbeda yaitu akun Instagram @redasamudera.id, diketahui terduga pelaku penipuan dengan modus mengganti barcode Qris kotak amal masjid tersebut merupakan seorang pria dengan inisial IML asal Medan.

Terduga pelaku diketahui telah melancarkan aksi modus pencurian dengan mengganti barcode Qris kotak amal di beberapa masjid di daerah Jakarta termasuk dengan masjid Istiqlal.

Sampai sejauh ini terduga pelaku penipuan dan pencurian tersebut masih ditelusuri keberadaannya, sedangkan untuk rekening yang bertautan dengan barcode Qris pelaku telah dibekukan atas laporan pengurus masjid-masjid yang telah menjadi korban.




Melihat adanya penipuan dan pencurian dengan modus mengganti barcode Qris kotak amal masjid, tentu Agan dan Sista diharapkan untuk waspada dan berhati-hati.

Sebagaimana Agan Sista ketahui bahwa beberapa masjid dan tempat ibadah saat ini telah menggunakan Qris untuk kotak amal masjid agar mereka yang ingin bersedekah menggunakan uang elektronik dapat dipermudah.

Namun ternyata niat baik dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian dengan modus mengganti barcode Qris kotak amal.

Digantinya barcode Qris yang ada pada kotak amal tentu saja akan membuat uang elektronik yang Agan Sista kirim untuk amal masuk ke rekening yang berbeda dari rekening milik masjid tersebut.

Mudah-mudahan pelaku pencurian dengan modus mengganti barcode Qris kotak amal masjid tersebut segera tertangkap dan tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat serta merugikan banyak pihak.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini, disini dan disini
Sumber gambar
1, 2, 3
yasyah81
MasterSims
azhuramasda
azhuramasda dan 21 lainnya memberi reputasi
22
6K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
503Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.