Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Sri Mulyani Ungkap Banyak Orang Kini Ragukan Bank Negara Maju
Sri Mulyani Ungkap Banyak Orang Kini Ragukan Bank Negara Maju


Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menganggap, berjatuhannya bank-bank di Amerika Serikat dan Eropa membuat hancurnya persepsi industri keuangan di negara maju.

Ia berujar, kejatuhan bank-bank seperti Silicon Valley Bank (SVB) bulan lalu, diikuti Signature Bank, serta Credit Suisse membuat kekuatan dan stabilitas perbankan di AS dan Eropa dipertanyakan dunia.


"Menimbulkan banyak sekali perhatian mengenai seberapa resilient lembaga-lembaga keuangan terutama perbankan di Amerika dan di Eropa," kata Sri Mulyani dalam acara Rakorbangpus 2023 di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Sri Mulyani menganggap pertanyaan yang muncul ini wajar karena Credit Suisse sendiri merupakan bank kedua terbesar di negara asalnya, yakni Swiss. Swiss sendiri pun menurutnya dikenal sebagai surganya stabilitas perbankan di dunia.

"Di dunia loh tidak hanya di Eropa. Coba lihat kalau seluruh negara biasanya goyang, nilai tukarnya goyang, semua lari ke swiss franc, sama seperti Amerika," ucap Sri Mulyani.

Oleh sebab itu, dengan adanya fenomena jatuhnya bank-bank tersebut, karena salah satunya dipicu upaya The Federal Reserve (The Fed) menekan laju inflasinya dengan menaikkan suku bunga acuan secara signifikan, menyebabkan persepsi itu kini runtuh.

"That perception of stability itu sekarang shattered dengan munculnya persoalan SVC dan atau Credit Suisse, First Boston ya yang karena dia merger dengan AS waktu itu," tutur Sri Mulyani.

Meski dampaknya belum ada ke Indonesia, Sri Mulyani menekankan, kondisi ini harus terus diwaspadai karena AS dan Eropa dalam menaikkan suku bunga acuannya dilakukan secara ekstrem.

"Ini untuk kendalikan inflasi memberi dampak yang tidak kecil terhadap stabilitas sektor keuangannya. Pilihan kebijakan jadi sangat sangat dilematis," ungkap Sri Mulyani.

https://www.cnbcindonesia.com/market...nk-negara-maju

Ngeri yo kejatuhan bank2 di luar, di Indo piye yo?
scorpiolama
bukan.bomat
areszzjay
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.