Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Jelang Lebaran, Pabrik Pakaian Puma di RI Bangkrut dan PHK Ribuan Pegawai
Rabu, 05 Apr 2023 11:30 WIB
Jelang Lebaran, Pabrik Pakaian Puma di RI Bangkrut dan PHK Ribuan Pegawai
Ilustrasi PHK Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)

Almadinah Putri Brilian - detikFinance

Jakarta - Pabrik pemasok pakaian Puma, PT Tuntex Garment Indonesia yang berada di Cikupa, Tangerang bangkrut dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.163 pegawainya.

PT Tuntex Garment Indonesia sendiri sudah resmi berhenti produksi pada 31 Maret 2023. Hal itu karena perusahaan mengalami kerugian selama 3 tahun berturut-turut akibat dari dampak pandemi COVID-19.

Selain itu, lesunya ekonomi Eropa dan Amerika Serikat (AS) pascapandemi juga menjadi faktor tutupnya pabrik tersebut. Sebab, hampir 80% produk pabrik tersebut, seperti baju olahraga merek Puma dan brand besar lainnya, diekspor ke Eropa dan AS.

Namun demikian, Kepala Bidang Perselisihan Hubungan Industrial dan Pengendalian Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Desyanti menuturkan bahwa sebelum terjadi PHK sudah dilakukan kesepakatan antara pegawai dengan pihak perusahaan.

"Sebelum PHK ini sudah ada kesepakatan bipartit antara serikat pekerja dengan pengusaha di mana tadi ada perjanjian bersama yang dituangkan secara bersama-sama yang mengatur hak-hak yang akan diberikan perusahaan kepada pekerja," tuturnya kepada detikcom, Rabu (5/4/2023).

Desyanti menambahkan bahwa kesepakatan tersebut juga sudah didaftarkan di Pengadilan Hubungan Industrial yang nantinya dapat digunakan untuk mencairkan jaminan kehilangan pekerjaan oleh para buruh atau pegawai.

"Perjanjian bersamanya tersebut sudah didaftarkan di PHI untuk nanti digunakan oleh pekerja untuk mencairkan jaminan kehilangan pekerjaan dikarenakan PHK ini diakibatkan karena efisiensi," paparnya.

(das/das)

 


Quote:

" Kalo kerja itu pasti untung.
Kalo enga untung ngapain kamu kerja. "

-AR Pajak-
Diubah oleh yellowmarker 09-04-2023 11:41
BALI999
bukan.bomat
deabatam
deabatam dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.3K
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.