Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Wajar Jokowi Sedih, Messi Cs Lahir di Piala Dunia U-20 FIFA
 Wajar Jokowi Sedih, Messi Cs Lahir di Piala Dunia U-20 FIFA


Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tak ayal menghadirkan kesedihan bagi sebagian kalangan. Tidak terkecuali Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Seperti dikutip dari akun Instagram resmi, Selasa (4/4/2023), Jokowi bilang kalau urusan sepak bola belakangan ini benar-benar menyita pikirannya.

"Seperti Anda semua, saya juga sedih Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20. Tapi ini sudah kehendak Allah SWT. Kita terima sebagai sebuah pelajaran," ujarnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun sudah melaporkan hasil pertemuan dengan FIFA di Doha, Qatar. Ia pun mengantar surat Presiden FIFA GIanni Infantino kepada Jokowi.

"Sesuai arahan presiden, saya sebagai ketua umum PSSI, akan memimpin langsung transformasi sepak bola Indonesia dan bekerja keras untuk bernegosiasi kembali dengan FIFA," kata Erick.

Pada Senin (3/4/2023) malam, Erick berangkat ke Eropa untuk menemui Infantino lagi. Ia berharap Indonesia dapat keluar dari ancaman sanksi.

"Saya akan bawa peta 'Garuda Mendunia' kepada FIFA. Semoga ada kabar baik," ujar Erick dikutip dari Instagram resminya.
Baca: Heboh Piala Dunia U-20: Cuan FIFA dari Pildun Berapa Triliun?


Tidak mengherankan apabila Jokowi sedih. Piala Dunia U-20 FIFA adalah turnamen junior paling bergengsi di dunia.

Dalam sepak bola secara keseluruhan, turnamen ini disebut jadi turnamen paling bergengsi nomor dua sedunia, setelah tentunya Piala Dunia FIFA untuk senior.

Dibatalkannya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA membuat sebagian besar masyarakat Indonesia kecewa. Sebab, Indonesia akan melewatkan pesta olahraga yang kerap melahirkan deretan calon bintang sepak bola dunia di masa depan.

Diketahui, turnamen junior paling tinggi sedunia sejak 1977 ini memang sering melahirkan nama-nama pemain muda potensial yang siap mengganas di lapangan hijau. Diego Maradona, Andres Iniesta, Lionel Messi hingga Paul Pogba adalah sejumlah jebolan Piala Dunia U-20 FIFA.

Berikut daftar bintang sepak bola jebolan Piala Dunia U-20, dilansir dari berbagai sumber:

1. Lionel Messi

Lionel Messi adalah salah satu bintang dunia hasil jebolan Piala Dunia U-20. Sosok pemain sepak bola terbaik sepanjang masa atau the Greatest of All Time (GOAT) ini resmi debut di tim nasional (timnas) Argentina U-20 pada 13 Januari 2005.

Dalam pergelaran Piala Dunia U-20 2005 yang saat itu masih bernama Youth World Cup, Messi memiliki peran penting bersama timnas Argentina. Meskipun hanya mencetak satu gol pada babak penyisihan, La Pulga langsung 'mengamuk' dengan torehan lima gol di fase knockout, termasuk brace alias dua gol sekaligus dalam satu pertandingan saat partai final.

Melalui total enam gol, Messi yang saat itu bernomor punggung 18 langsung bersinar dengan menyabet dua penghargaan individu di Youth World Cup, yakni pemain terbaik dan top skor. Sejak saat itu, sinar Messi tidak pernah redup hingga ia sukses mengakhiri perdebatan terkait siapa sosok GOAT.

2. Diego Maradona

Jauh sebelum Messi, legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona juga merupakan alumni Piala Dunia U-20. Setelah resmi debut di timnas Argentina U-20 pada 13 Januari 1979, Maradona langsung merumput di Piala Dunia U-20 edisi 1979 di Tunisia.

Maradona yang masih berusia 18 tahun ini langsung tampil ganas sejak awal turnamen. Menariknya, keganasan tersebut langsung ditampilkan Maradona saat melawan Indonesia di laga perdana Grup B. Saat itu, Maradona sukses menjebloskan gawang Indonesia sebanyak dua kali dan membawa Argentina menang 5-0.

Serupa dengan Messi, Maradona yang bernomor punggung 10 langsung menjadi top skor Piala Dunia U-20 dengan catatan enam gol. Selain itu, ia juga sukses mempersembahkan gelar juara pertama kali untuk Argentina di Piala Dunia Junior.

3. Sergio Aguero

Masih berasal dari Negeri Tango, Sergio Aguero juga merupakan bintang utama bagi timnas Argentina pada Piala Dunia U-20 2007. Pemain yang debut di timnas U-20 pada 14 Juni 2005 itu sukses mengantarkan Argentina menjadi juara dengan menyumbangkan enam gol.

Sekitar 11 tahun kemudian, Kun Aguero berhasil membuktikan bahwa ia adalah jebolan Piala Dunia U-20 bergengsi dengan mengantongi treble gelar domestik bersama Manchester City. Meskipun harus gantung sepatu secara dini pada 2021 lalu, Aguero masih dikenal sebagai salah satu striker hebat dalam sejarah Manchester City dan Premier League (Liga Inggris).

4. Paul Pogba

Sosok bintang di lapangan hijau jebolan Piala Dunia U-20 selanjutnya adalah Paul Pogba. Pemain yang saat ini berseragam Juventus itu dikenal sukses membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia U-20 untuk pertama kali dan satu-satunya hingga kini.

Saat itu, Pogba dipercaya menjadi kapten timnas Prancis U-20 dalam turnamen Piala Dunia U-20 2013 di Turki. Posisinya sebagai pemain tengah menjadi kunci dalam mengatur ritme permainan Prancis.

Dalam laga final melawan Uruguay, Pogba sukses menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor pertama adu penalti. Selain meraih gelar juara dunia junior, ia juga sukses meraih gelar pemain terbaik Piala Dunia U-20 2013.

5. Andres Iniesta

Salah satu legenda hidup FC Barcelona ini adalah salah satu jebolan Piala Dunia U-20. Pada 2003, ia masuk ke dalam jajaran skuad Spanyol untuk Piala Dunia U-20. Dalam tujuh pertandingan, gelandang serang ini sukses tiga kali membobol gawang lawan.

6. Javier Saviola

Javier Saviola merupakan salah satu penyerang Argentina terbaik. Pada Piala Dunia U-20 2001, Saviola sukses menyumbangkan sebelas gol untuk Argentina.

Tak tanggung-tanggung, mantan pemain FC Barcelona itu juga berhasil menjadi pemain terbaik dan sukses mengantar tim Tango menjadi juara Dunia U-20 setelah menumbangkan Ghana melalui skor 3-0.

7. Erling Haaland

Erling Haaland menyita perhatian publik saat tampil di Piala Dunia U-20 2019. Bukan karena gelar, tapi dengan 'hujan' gol yang dihasilkan bersama timnas Norwegia.
Norwegia sebenarnya tidak lolos Grup C karena hanya menang satu dari tiga laga. Namun, dalam pertandingan kontra Honduras, mata publik tertuju pada Haaland.

Sebab, ia mengamuk di lapangan dengan mencetak sembilan gol sekaligus ke gawang Honduras dalam kemenangan 12-0. Itu menjadikannya sebagai top skor kompetisi dan berhak mendapat sepatu emas.

8. Ronaldinho

Legenda Brasil sekaligus FC Barcelona, Ronaldinho adalah salah satu bintang lapangan hijau yang bersinar sejak Piala Dunia U-20 1999. Sepanjang turnamen, Ronaldinho yang debut bersama timnas U-20 pada 6 Januari 1999 itu tercatat menorehkan tiga gol dari lima pertandingan.

link



Tidak mengherankan apabila Jokowi sedih. Piala Dunia U-20 FIFA adalah turnamen junior paling bergengsi di dunia.
scorpiolama
nomorelies
samsol...
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.