• Beranda
  • ...
  • Hansip Hoax
  • Minim Literasi, Modus Dukun Penggandaan Uang Masih Menelan Banyak Korban

dvayyaAvatar border
TS
dvayya
Minim Literasi, Modus Dukun Penggandaan Uang Masih Menelan Banyak Korban


Masyarakat Indonesia khususnya di daerah, literasi keuangan dan digitalnya saat ini masih rendah hingga kerapkali banyak yang menjadi korban dari modus penipuan penggandaan uang. Belum lama ini beritanya yang lagi viral kasus penggandaan uang di Banjarnegara, Jawa Tengah yang dilakukan oleh Mbah Slamet.

Modus operandi dimulai dari asisten Mbah Slamet yang berinisial BS memposting iklan jasa penggandaan uang di Facebook. Jika BS berhasil menemukan 'calon korban' akan mendapat komisi dari Mbah Slamet. Suatu ketika ada salah satu korban yang tergiur dengan postingan tersebut. Kita yang memang melek digital pasti nggak habis pikir kenapa bisa ada aja yang percaya dengan iklan tersebut, tapi mengingat literasi keuangan masyarakat Indonesia cenderung rendah, wajar aja jika ada yang tertarik.

Ditambah pelaku memang lihai dalam memberikan iming-iming palsu, si korban dijanjikan uang 70 juta yang disetor akan digandakan menjadi 5 miliar! Tapi ternyata uang tersebut digunakan Mbah Slamet untuk kepentingan pribadi. Karena muak sering ditagih oleh korban untuk segera mengembalikan dana, Mbah Slamet pun memberikan minuman yang sudah diberi racun potasium sianida.

Setelah diusut pihak kepolisian, ada belasan korban jiwa meninggal yang terkena modus penggandaan uang dari Mbah Slamet. Kasus ini bukan pertama kalinya terjadi di Indonesia. Dilansir dari Kompas, penipuan dengan dalih ritual sudah ada sejak 1980an. Para pelaku mengklaim bisa melipatgandakan harta dan mengaku sebagai paranormal. 



Agan Sista masih ingat dengan Dimas Kanjeng? Aksi Dimas Kanjeng menggandakan uang sempat terekam dan viral di YouTube. Bahkan pengikutnya termasuk seorang politisi dan doktor lulusan universitas ternama loh! Endingnya pun juga sama berakhir dengan kasus pembunuhan, Kanjeng Dimas menjadi dalag pembunuhan mantan pengikutnya, karena si korban diberitakan akan membongkar praktik penipuan Padepokan Dimas Kanjeng.

Modus penggandaan uang rasanya masih akan terus terjadi dan bermunculan. Memang perlu sosialisasi masif dan pintar memilah-milih informasi. Pantau terus update-update hoax atau penipuan di IG @hansip.hoax & forum Hansip Hoax.

emoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip


outofboxthinker
wetp794239
bowiehary
bowiehary dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.9K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
503Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.