Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
2 Tahun Berturut-turut Depok Jadi Kota Intoleran Versi SETARA
2 Tahun Berturut-turut Depok Jadi Kota Intoleran Versi SETARAJakarta - Kota Depok memperoleh skor toleransi rendah dalam dua tahun berturut-turut. Tercatat, skor toleransi Depok yang rendah ini tercatat pada dua laporan Indeks Kota Toleran (IKT) SETARA Institute.
Tahun lalu, berdasarkan laporan Indeks Kota Toleransi (IKT) tahun 2020 yang dirilis oleh SETARA Institute, Depok termasuk kota dengan indeks toleransi terendah. Kota Depok adalah kota yang menempati posisi ke-86 sebagai kota dengan tingkat peristiwa intoleransi tertinggi. Hal ini berdampak pada skor yang rendah, yakni 2,00.

Skor ini pun didasari pertimbangan bahwa selama periode penilaian, di Kota Depok telah terjadi lima peristiwa intoleransi dan pelanggaran hak atas kebebasan beragama/berkeyakinan.

Lima peristiwa tersebut adalah pengajuan Rancangan Peraturan Daerah Kota Depok dalam Rangka Penyelenggaraan Kota Depok sebagai Kota Religius, diskriminasi terhadap dua siswi berjilbab yang ingin melakukan praktik kerja lapangan, pelarangan perayaan Valentine's Day, kesepakatan rapat soal Raperda Kota Religius, dan demonstrasi yang meminta warga Ahmadiyah di Masjid Al-Hidayah menghentikan kegiatan.

Direktur Riset SETARA Institute Halili Hasan mengatakan intoleransi di Depok bisa semakin buruk. Hal ini tampak dari munculnya politik favoritisme dari kaum konservatif.

"Kalau melihat tren, tampaknya intoleransi akan semakin buruk, terutama karena politik favoritisme pada narasi kelompok konservatif," kata Halili kepada detikcom, Senin (15/11).


Depok Jadi Kota Intoleran Lagi
Terbaru, Kota Depok kembali menjadi kota yang mendapat skor toleransi paling rendah dalam laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2021 versi SETARA Institute. SETARA Institute membeberkan alasannya.

Kota Depok menduduki peringkat ke-94 atau paling bawah dalam laporan IKT 2021 itu. Sedangkan di atas Depok, ada Banda Aceh, yang menduduki peringkat ke-93.

SETARA menjelaskan temuan mereka mengenai Depok dan Banda Aceh. Menurut SETARA Institute, kedua kota itu masih terjebak dalam siklus intoleransi atas hubungan mayoritas-minoritas.

"Kedua kota ini berdasarkan temuan SETARA Institute sampai 2021 masih terjebak dalam siklus intoleransi atas hubungan mayoritas-minoritas," tulis SETARA Institute dalam keterangannya, Rabu (30/3/2022).

SETARA menilai salah satu kota itu memiliki keberpihakan terhadap agama tertentu. Hanya, kebijakan untuk penganut agama lain dalam kota itu belum tecermin jelas.

"Bahwa pada salah satu kota, keberpihakan terhadap agama tertentu telah menjadi distingsi, akan tetapi perimbangan kebijakan untuk penganut agama lainnya belum tecermin secara jelas," tuturnya.

Berikut 10 kota dengan skor terendah IKT 2021 versi SETARA Institute:

1. Makassar: 4,517
2. Pekanbaru: 4,497
3. Padang: 4,460
4. Padang Panjang: 4,440
5. Sabang: 4,373
6. Langsa: 4,363
7. Pariaman: 4,233
8. Cilegon: 4,087
9. Banda Aceh: 4,043
10. Depok: 3,577

https://news.detik.com/berita/d-6009...versi-setara/2

Kaum intoleran...emoticon-Cool

Kaum yg merasa benar sendiri dan paling benaremoticon-Cool

Ane cuman mau bilang ke saudara2 ane yg muslim yg sering mendukung sikap mereka.emoticon-Cool

Bila suatu saat di bangsa tersisa satu agama yaitu agama islam.

Apakah kalian berpikir akan damai hidup ini...?

Menurut ane tidak....emoticon-Cool

Mereka akan menyasar ke islam sendiri dan lagi2 atas pikiran mereka yg merasa paling benar.

Contohnya dah ada kog ...

Maulud NABI...emoticon-Traveller
aldonistic
Proloque
galuhsuda
galuhsuda dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.4K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.