• Beranda
  • ...
  • Health
  • Heboh Pengobatan Ida Dayak, Begini Pendapat Dokter Ortopedi! Aman Kah?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Heboh Pengobatan Ida Dayak, Begini Pendapat Dokter Ortopedi! Aman Kah?

Sumber Gambar

Pengobatan tradisional merupakan salah satu jenis pengobatan yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Pengobatan tradisional sendiri memang sejak lama dipercaya oleh masyarakat karena sifatnya yang turun menurun dari berbagai generasi. Terlambatnya pengobatan medis juga menjadi salah satu penyebab orang lebih suka dengan yang tradisional.

Biaya yang lebih murah juga menjadi salah satu penyebab mengapa banyak orang yang minat dengan pengobatan ini. Tak jarang, mereka yang merasa tidak kunjung sembuh di rumah sakit memilih belok dan memakai jasa pengobatan tradisional ini.

Salah satu pengobatan tradisional yang baru-baru ini viral adalah pengobatan Ida Dayak. Pengobatan ini dilaksanakan di Cilodong, Depok. Posisinya tidak terlalu jauh dari rumah TS. Peminat dari pengobatan ini banyak sekali, sampai-sampai membuat kemacetan. Bahkan kemacetannya sampai ke Jalan Raya Bogor yang sebenarnya agak jauh dari posisi pengobatan.


Sumber Gambar

Bahkan katanya di Jalan Raya Bogor sendiri macetnya hingga berkilo-kilo meter. Wah, sebegitu dahsyatnya kah efek dari datangnya Ida Dayak ke Cilodong. Sebenarnya siapakah dia ini? Ida Dayak mungkin bisa disebut sebagai praktisi pengobatan tradisional yang berasal dari Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Kabarnya ia bisa menyembuhkan penyakit-penyakit seperti stroke, patah tulang, keseleo hingga salah urat. Ia melakukan pengobatan dengan menggunakan minyak khusus dan mengurut pasiennya. Bahkan katanya ada ritual menari sebelum pengobatan di mulai. Sebenarnya, apakah mungkin metode Ida Dayak ini bisa menyembuhkan penyakit? Apakah aman? Bagaimana tanggapan ahli terkait ini?

Dokter Ortopedi, dr Oryza Satria, SpOT memberi pendapatnya mengenai pengobatan Ida Dayak ini. Menurutnya, mengenai aman atau tidaknya pengobatan tradisional itu sendiri relatif. Semua tergantung prosedur yang dijalankan. Boleh-boleh saja dilakukan pengobatan tradisional asalkan tidak menyakiti si pasien itu.


Sumber Gambar

Ia sendiri mengaku tidak mau berkomentar banyak karena pengobatan seperti ini banyak variasinya dan dasar keilmuannya pun berbeda. Jadi dia memilih untuk tidak buru-buru men-judge. Selama aman dan tidak membahayakan, sah-sah saja dilakukan pengobatan tradisional.

Ida Dayak sendiri kabarnya memang sudah terkenal karena pengobatannya yang dinilai manjur. Ia telah mengobati banyak orang di berbagai tempat mulai dari Sulawesi hingga Papua. Sosoknya cukup mudah diingat dengan aksesoris Dayak yang cukup ikonik melekat di badannya. Sebagai simbol kebanggannya menjadi suku Dayak.

Sayangnya, pada akhirnya Ida Dayak sendiri tidak mau melanjutkan pengobatan di Cilodong karena suasana yang tidak kondusif. Ya, keputusan yang tepat karena dari pada terjadi kerusuhan lebih baik dibatalkan. Kasihan orang yang datang niatnya ingin sembuh, nanti malah tambah sakit gara-gara rusuh.


Sumber Gambar

Kalau memang Ida Dayak mampu menyembuhkan penyakit, semoga saja keahliannya ini terus menjadi manfaat bagi banyak orang di luar sana.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Kalian sendiri sudah tahu atau baru tahu soal Ida Dayak ini?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
koi7
fredielogan14
rinandya
rinandya dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7K
251
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.