trfpjkgabrt3Avatar border
TS
trfpjkgabrt3
Rafael Alun Punya Perusahaan Konsultan demi Tampung Wajib Pajak Bermasalah



Rafael Alun Trisambodo atau RAT resmi ditahan oleh KPK atas dugaan gratifikasi. Ketua KPK Firli Bahuri mengungkap ternyata Rafael Alun juga memiliki usaha konsultasi pajak bagi wajib pajak yang bermasalah.

"RAT diduga memiliki beberapa usaha yang satu di antaranya PT AME, yang bergerak dalam bidang konsultasi terkait dengan pembukuan dan perpajakan," kata Firli saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Firli mengatakan Rafael Alun punya pekerjaan lain di luar Direktorat Jenderal Pajak yang bergerak di bidang jasa konsultasi terkait pembukuan dan perpajakan. Menurutnya, pihak yang menggunakan jasa Rafael Alun adalah para wajib pajak yang bermasalah.

"Adapun pihak yang menggunakan PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak, khususnya terkait kewajiban pelaporan pembukuan perpajakan negara melalui Direktorat Jenderal Pajak," ucapnya.


Firli mengatakan Rafael Alun akan memberikan konsultasi kepada para wajib pajak yang memiliki kendala ini. Selain itu, Rafael Alun, sebagai pejabat pajak, akan berkoordinasi dengan perusahaan PT AME tersebut.

"Setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian perpajakannya, RAT diduga aktif merekomendasikan untuk konsultasi dan koordinasi dengan PT AME," ujar dia.

Rafael Alun Ditahan
Seperti diketahui, KPK resmi mengumumkan mantan Pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Dia langsung ditahan.

Pengumuman status tersangka itu disampaikan Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (3/4).

"Sore hari ini kami sampaikan dan umumkan, tersangkanya saudara RAT, pegawai negeri sipil pada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan selaku penyidik pegawai negeri sipil sejak tahun 2005," ujar Firli.

sumber berita




Dukung Jokowi 🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨

Dukung Sri Mulyani bersih bersih 🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨

Dukung Program Pemerintah 🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨
qavir
rakshaka
nomorelies
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread•40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.