• Beranda
  • ...
  • Education
  • Tentang Tumbal Politik, Bapak Memakan Anak atau Presiden Memakan Gubernur itu Lumrah!

amekachi
TS
amekachi
Tentang Tumbal Politik, Bapak Memakan Anak atau Presiden Memakan Gubernur itu Lumrah!





















Tentang tumbal politik, bapak memakan anak atau presiden memakan gubernur itu adalah sesuatu yang lumrah!

Adalah sebuah perkataan dari presiden pertama Indonesia Ir Soekarno yang berbunyi "dalam sebuah revolusi, bapak makan anak adalah hal yang lumrah" itu sering terjadi dalam politik, atasan semisal presiden itu gampang saja menghancurkan gubernur gubernurnya yang notabene adalah anaknya sendiri untuk tujuan tertentu?

Biasanya yang memakan anaknya sendiri adalah pemimpin tiran yang mereka memegang prinsip yang merusak tatanan nilai peradaban dengan ciri khas kepemerintahannya itu representasi eh maksudnya represif terhadap terhadap siapapun yang berbeda pandangan, contohnya tukang bakso keliling hanya gegara melukiskan anekdot tentang dia bakal ditangkap dengan ancaman penistaan dan penghinaan terhadap pemimpin negara.














Mungkin dikita masih ingat tentang kasus kematian Brigadir J dengan skenario jahat sang pelaku utama menumbalkan anak buahnya yaitu Bharada E agar mengakui perbuatannya dalam pembunuhan itu, itu sepertinya contoh yang pantas.


Namun sebenarnya dalam politik lebih kejam daripada cuma sebatas itu!


Ya namanya dia ubernur E sebagai anak buah ya apa boleh buat, akhirnya nurut aja apa kata dan perintah presiden S, itulah yang dinamakan tumbal politik dimana seperti kata Bung Karno bahwa bapak makan anak adalah hal yang wajar!

Mungkin kalau bahasa gaulnya sekarang itu bos toxic atau atasan toxic biasanya itu terjadi gegara si bos tidak kompeten yang membikin kita serasa gerah di dalam perusahaan dan berniat buru buru resign, biasanya pula ciri khas atasan toxic itu adalah seperti tak mau menerima saran, manipulatif, suka menyalahkan, tidak bisa dikritik, otokrasi dan lainnya.
























Dan bisa jadi sejarah tentang pemberontakan G30S tertuduh PKI pelakunya dan PPRI/Permesta adalah salah satu bukti nyatanya dimana para pemimpin merekalah yang sengaja menjadikan anak buah sebagai tumbal untuk kekuasaan dan kesenangan mereka sendiri.

Mungkin itulah bahayanya jikalau kita punya atasan culas yah gansist maka kita supaya berharap agar dijauhkan dari pemimpin atau atasan seperti itu.


"Politik bukanlah profesi yang buruk, jika kamu berhasil ada banyak penghargaan, jika kamu mempermalukan dirimu, kamu selalu dapat menulis buku"

Ronald reagan

Mamarikaemoticon-Big Grin


"narasi dan opini sendiri"


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3
putrakomangkasihudinsekaliscorpiolama
scorpiolama dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.2K
15
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Education
Education
Education
icon
22.3KThread1Anggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.