Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kangsurotoAvatar border
TS
kangsuroto
Mimpi Jokowi Ditekel Banteng
Mimpi Jokowi Ditekel Banteng

Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan dihantui sanksi dari Federasi Sepakbola Internasional (FIFA). Di balik penghapusan status sebagai kandang itu, terdapat gelombang lantangnya kader PDI Perjuangan menolak Timnas Israel berlaga di negeri ini.

Ketua Dewan Pengurus Pusat PDI Perjuangan Bidang Keagamaan dan Kepercayaan Hamka Haq menegaskan penolakan terhadap Timnas Israel sudah selaras dengan amanat konstitusi dan prinsip yang diwariskan Sukarno.

“Bukan sikap perorangan, ini sikap partai,” katanya melalui sambungan telepon kepada reporter detikX pekan lalu.

Sikap itu lantas digaungkan dengan laku penolakan kader PDI Perjuangan. Gubernur Bali I Wayan Koster mengirimkan surat kepada Menpora Zainudin Amali pada 14 Maret lalu. Isinya, ia meminta ada kebijakan melarang Timnas Israel bertanding di Provinsi Bali. Delapan hari setelahnya, penolakan juga datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Penolakan kedua kepala daerah tempat diselenggarakan pertandingan Piala Dunia U-20 itu direspons oleh FIFA. Federasi sepakbola itu, pada Sabtu, 25 Maret 2023, membatalkan agenda drawing, pengundian, tim pada babak penyisihan, yang mestinya digelar pada 31 Maret, di Bali. Disusul kemudian FIFA menghapus lagu soundtrack Piala Dunia U-20 2023 dari situs resminya pada Selasa, 28 Maret 2023.

Menurut Hamka, kader partai PDI Perjuangan yang setia kepada ideologi Bung Karno sudah jelas akan menolak kehadiran Israel bertanding di Indonesia. Meski demikian, sikap penolakan tidak ditunjukkan oleh Joko Widodo (Jokowi), presiden yang diusung PDI Perjuangan.

“Bung Karno itu sejak dulu mengatakan bahwa Indonesia tidak akan mengakui negara Israel sepanjang Israel tidak memberi kemerdekaan kepada Palestina. Itulah yang dipegang oleh PDI Perjuangan sampai sekarang,” ujarnya.

Tak tanggung-tanggung Hamka menyebut Jokowi mengalami ‘kelainan ideologis’ karena sikapnya bertentangan dengan ideologi Bung Karno. Menurutnya, perbedaan sikap Jokowi dengan partainya sendiri tak jadi masalah. Baginya, hubungan Jokowi tak harus selalu harmonis dengan PDI Perjuangan.


“Karena, kalau harmonis terus, berarti kami mengekor, dong. Padahal kan kami yang mengusung,” terangnya.

Ditikam Partai Sendiri
Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro, menganggap sikap PDI Perjuangan terhadap Timnas Israel patut dicurigai. Sebab, dalih menolak Israel karena mendukung Palestina diluncurkan PDI Perjuangan menjelang Pemilu 2024.
“Tiba-tiba PDIP bersuara paling lantang, lebih lantang dari partai-partai agama, partai-partai Islam, seperti halnya PKS, yang selama ini lebih banyak bersuara ke isu-isu Palestina-Israel,” kata Bawono ketika dihubungi reporter detikX pada Senin (3/4/2023).

Dugaan Bawono, PDI Perjuangan mungkin ingin menghilangkan kesan sebagai partai yang tidak ramah terhadap pemilih muslim. “PDIP itu kan citranya selama ini begitu ya, sebagai partai nasional sekuler cenderung dipersepsikan oleh pemilih muslim tidak berpihak terhadap isu-isu orang-orang Islam, isu-isu strategis umat Islam,” katanya.

Sayangnya, yang tidak diperhitungkan oleh PDI Perjuangan adalah, dengan menunggangi isu ini, justru berisiko terjadinya blunder. Bahkan pengetahuan yang minim terkait FIFA bisa membuat Indonesia kehilangan Piala Dunia U-20. 

Sumber


Sudah saatnya tenggelamkan Banteng
Diubah oleh kangsuroto 04-04-2023 09:14
simsol...
nomorelies
kaninaninditya.
kaninaninditya. dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.