• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Israel Tetap Main di Pildun dan Indonesia Kembali ke Lato-lato

kabutpekatAvatar border
TS
kabutpekat
Israel Tetap Main di Pildun dan Indonesia Kembali ke Lato-lato


Pemain Timnas Indonesia U-20 tidak kuasa menahan kesedihan.

Tulisan kali ini akan membahas betapa lucunya beberapa oknum di negara kita. I mean orang Indonesia emang lucu-lucu parah sih. Tapi, menurut gue kejadian beberapa hari ke belakang adalah puncak komedi yang sesungguhnya. 

Kejadian apakah itu? Yak betul Indonesia batal menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 2023. FIFA melalui pernyataan resminya, Rabu 29 Maret 2023 malam hari waktu Indonesia menyatakan bahwa Indonesia batal menjadi tuan rumah dikarenakan “current circumstances” atau “situasi terkini”.

“Situasi” apakah yang dimaksud oleh FIFA? Kayaknya semua masyarakat di dunia persilatan bisa menerjemahkan bahwa situasi yang dimaksud adalah.... jeng jeng jeng jeng... penolakan yang dilakukan oleh beberapa oknum terkait kedatangan Tim Nasional Israel ke Indonesia. 

Sebelum kita membahas siapa yang menolak dan apa alasannya mereka akan lebih bijak kalau kita tahu dulu urutan kronologis sampai-sampai Piala Dunia U-20 ini akhirnya diputuskan untuk digelar di Indonesia dan akhirnya banget dibatalkan untuk digelar di Indonesia.

24 Oktober 2019
FIFA pertama kali menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Penetapan ini melalui proses bidding yang sangat panjang dan melibatkan Presiden RI. Salah satu faktor yang membuat FIFA menjatuhkan pilihan kepada Indonesia karena 6 orang kepala daerah tempat venue pertandingan rencananya akan dilaksanakan telah menandatangani surat pernyataan bahwa mereka bersedia menjadi host. 

Mereka adalah I Wayan Koster (Gubernur Bali), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Herman Deru (Gubernur Sumatera Selatan), Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo), Anies Baswedan (ketika itu Gubernur DKI Jakarta), dan Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya).

24 Desember 2020
Karena alasan Pandemi Covid-19, FIFA dan PSSI sepakat untuk mengundur pelaksanaan menjadi 20 Mei-11 Juni 2023. Hal ini menguntungkan Indonesia karena memiliki waktu persiapan yang lebih panjang.

26 Juni 2022
Tim Nasional Israel dipastikan lolos sebagai salah satu peserta Piala Dunia U-20 setelah menjadi runner-up Euro U-19 yang sekaligus merupakan ajang kualifikasi zona Eropa. Disinilah negara api mulai menyerang..

14 Maret 2023
I Wayan Koster selaku Gubernur Bali dan salah satu kader PDI-P buka suara dan menyurati Menpora yang isinya adalah penolakannya terhadap keikutsertaan Timnas Israel. Agaknya Bapak ini amnesia atau bagaimana, padahal doi ikut tanda tangan lho itu surat yang menyatakan kalau Bali Bersedia menjadi host. Alasannya adalah takut mengancam keamanan Bali. Hmmmmmmm

23 Maret 2023
Satu lagi Kader PDI-P yaitu Ganjar Pranowo entah karena FOMO (fear of missing out) atau perintah partai juga ikut menyatakan penolakannya terhadap kehadiran Tim Nasional Israel dengan alasan supaya sejalan dengan amanat Bung Karno. Dulug  Bung Karno soalnya melarang juga Timnas Indonesia pas mau lawan Tim Israel pada tahun 1958.

24 Maret 2023
Selain Ganjar dan Koster, penolakan juga datang dari pihak-pihak lain, yaitu para politisi PKS, PDI-P, Aliansi Solo Raya (Ansor), MER-C, BDS Indonesia, Aqsa Working Group (AWG), Komite Indonesia Untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Alumni 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), dan FPI.

Tumben satu kubu.


25 Maret 2023
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi satu-satunya Partai Politik yang berani buka suara untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia U-20 meskipun itu berarti Timnas Israel akan datang ke Indonesia. PSI beralasan bahwa sepak bola harus dipisahkan dengan politik.

26 Maret 2023
FIFA membatalkan drawing yang seharusnya diadakan di Bali tanggal 31 Maret 2023 karena merasa kondisi di Indonesia tidak kondusif.

29 Maret 2023
FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sehingga Timnas Indonesia U-20 gagal berlaga di event akbar ini untuk pertama kalinya.

Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia bukan ujug-ujug, tapi sudah sejak tahun 2019, terus kenapa baru kelabakan sekarang? Dan apakah ini pertama kali delegasi Israel datang ke Indonesia?

Oooo tentu tidak! Tahun 2007 Delegasi Israel hadir dalam konferensi akbar perubahan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa COP-13 di Bali pada 2007.

Tahun 2022, sejumlah anggota parlemen Israel juga menghadiri Kongres Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 digelar di Nusa Dua, Bali, dari 20-24 Maret 2022, Pak Koster, di Bali Pak!!!! Bapak kok gak ribut? Lagi AFK atau karena gak rame yang liput? Ajang ini dihadiri lebih dari 110 perwakilan negara anggota IPU, termasuk delegasi dari Israel. Bahkan Ketua DPR Puan Maharani yang juga cucu langsung Bung Karno juga hadir di situ walaupun ada orang-orang Israel. Gak ada penolakan tuh. Baek-baek aja.

Puan Maharani gak menolak tuh kehadiran wakil Parlemen Israel ke Bali.


Baru-baru ini empat atlet Israel juga ikut serta dalam Kejuaraan Dunia Balap Sepeda 2023 bertajuk UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome bulan Februari lalu.

Kalau alasan penolakannya adalah tidak sesuai dengan pembukaan UUD 1945, amanat Bung Karno, dan rasa solidaritas terhadap Palestina, kenapa tiga contoh di atas tidak ada penolakan? Sama-sama orang Israel, bahkan ada politisinya, kenapa??? Bikin kami bertanye-tanye!!

Ooo atau mungkin alasan sebenarnya karena Piala Dunia U20 menjadi perhatian banyak pecinta sepakbola Indonesia sehingga para oknum tersebut merasa perlu mencari eksistensi? bersuara kok karena mau viral, mending live Tiktok sambil mandi lumpur aja sana, biar diundang brownies.

Lagian itu yang nolak kok lebih Palestina dari orang Palestina ya? orang Palestina nya aja gak masalah. Duta Besar Palestina untuk RI Zuhair Al Shun pada Sabtu (25/3/2023) mengatakan, pihaknya tidak keberatan timnas Israel ikut Piala Dunia U20 di Indonesia. Zuhair menegaskan, keikutsertaan setiap negara di Piala Dunia U20 adalah bagian dari kompetisi yang sudah berlangsung. Jadi antum ngebelain siapa?

Jadi apa hasil penolakan ini? Tidak ada, Piala Dunia tetap berlangsung, Israel tetap main Piala Dunia, Palestina main Piala Asia, Indonesia? Yak main lato-lato. Ini memang puncak komedi yang bikin kita ketawa sampai nangis, tapi saat ini tangisannya jauh lebih lama dan lebih banyak.
MUF0REVER
jancumeng
gagal.jadi.nabi
gagal.jadi.nabi dan 30 lainnya memberi reputasi
29
7.7K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.