Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cuacarino123740Avatar border
TS
cuacarino123740
Habib Ja'far: Puasa Ramadan Latih Kita Jadi Toleran
Habib Ja'far: Puasa Ramadan Latih Kita Jadi Toleran

Jakarta - Setiap bulan Ramadan umat Islam memiliki kewajiban berpuasa. Habib Ja'far menyebut, puasa Ramadan mengajarkan nilai-nilai toleransi kepada sesama muslim maupun antar umat beragama.

"Bulan Ramadan ini ketika kita melakukan ibadah puasa sebenarnya kita dididik juga. Di antara hikmahnya, untuk menjadi pribadi yang toleran, baik terhadap sesama muslim maupun terhadap orang yang berbeda agama," kata Habib Ja'far dalam detikKultum detikcom, Senin (3/4/2023).

Habib Ja'far menyandarkan hal tersebut pada dalil kewajiban puasa, yakni firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 183.

ياَيهَا الذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلكُمْ تَتقُوْن

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa kewajiban puasa sudah ada sejak umat sebelum Islam. Habib Ja'far menafsirkan, artinya kita bisa berbeda dalam hal kebenaran, yakni terkait syariat menjalankan puasa antara umat Islam dan umat-umat sebelum Islam.

"Umat-umat sebelum Islam misalnya, mereka kalau berpuasa tidak pakai makan sahur. Itulah pembeda antara puasa kita dengan puasa orang-orang Yahudi dan Nasrani sebelum Islam pada nabi yaitu pada masa sahurnya," jelasnya.

Di sisi lain, ada persamaan di antara keduanya bahwasanya puasa itu baik dan itu diwajibkan atas umat-umat lain. "Sehingga, kita bisa berbeda dalam kebenaran tetapi kita harus bersama dalam kebaikan," terang Habib Ja'far.

Selain itu, puasa Ramadan juga mengajarkan nilai-nilai toleransi antar sesama muslim.

detik.com

valkyr1
agh05t
bukan.bomat
bukan.bomat dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
64
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.