prata34Avatar border
TS
prata34
Pengaruh Gadget terhadap tumbuh kembang Si BOCIL

Sumber : Google.com

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih jauh tentang Pengaruh Gadget dalam tumbuh kembang si BOCIL saya akan menjelaskan apa itu "GADGET" dulu.

GADGET adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada perangkat elektronik kecil yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas, seperti komunikasi, hiburan, dan produktivitas. Contoh perangkat gadget yang populer antara lain smartphone, tablet, laptop, kamera digital, smartwatch, dan perangkat audio portabel.

Gadget telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari banyak orang, karena mereka memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain, mengakses informasi, dan melakukan pekerjaan dari hampir mana saja. Gadget juga terus berkembang dan semakin canggih, dengan fitur-fitur baru yang terus ditambahkan untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan mereka.

Disini Gadget yang saya tekankan adalah Smartphone. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak negatif pada tumbuh kembang anak. Beberapa dampak negatif penggunaan gadget pada anak antara lain:

1. Keterlambatan perkembangan sosial: Anak yang terlalu sering menggunakan gadget cenderung menghabiskan waktu sendiri dan kurang terlibat dalam interaksi sosial dengan teman sebaya. Hal ini dapat menghambat perkembangan keterampilan sosial dan emosional anak.

2. Gangguan tidur: Penggunaan gadget sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur, karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

3. Ketergantungan: Si Bocil kecil yang terlalu sering menggunakan gadget dapat menjadi ketergantungan dan sulit untuk melepaskan diri dari gadget. Hal ini dapat menghambat perkembangan kebiasaan mandiri dan kreativitas si kecil.

4. Masalah kesehatan: Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan fisik pada Si BOCIL, seperti masalah penglihatan, sakit kepala, dan sakit leher.

5. Bocil merasa menjadi karakter dalam game tersebut (kebanyakan PRI PAYER) seperti yang kita lihat di thumbnail. Bocil Frestyle hadeh.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengatur penggunaan gadget anak dengan bijak dan membatasi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan gadget. Orang tua juga perlu memberikan alternatif kegiatan yang lebih bermanfaat untuk anak, seperti bermain di luar ruangan, membaca buku, atau berinteraksi dengan teman sebaya secara langsung.

Ajari si bocil sedari dini bahwa ada permainan lain yang lebih seru dari Gadget misalnya :
Gerobak sodor, Tongmo, Layang - layang, petak umpet, pegang jadi dll. Atau alihkan fokus anak dari Gadget dengan ajak main Kartu UNO sampai nangess wwkkwwwkkwk.

Untungnya sekarang akses ke Gadget bisa di kontrol melalui Google Kontrol orang tua sehingga kecanduan akan Gadget bisa dibatasi.

Menurut agan - agan disini, ngerasa gak sih Bocil - bocil sekarang itu Toxic - toxic? Apa cuma anè aja yang ngerasa :

Sekian terima kaseeeeh

Sumber : Google.com, Kumpulan jurnal tentang Pengaruh Gadget terhadap anak - anak.
iblast867583
zharki
zharki dan iblast867583 memberi reputasi
2
1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.