c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Kenapa Komik Terlihat Lebih Realistis Dibandingkan Manga?
6.3K
67




Hi sobat kaskus,

Komik dan Manga banyak memiliki perbedaan walau pada prinsipnya senenarnya sama saja yaitu merupakan dua bentuk media visual naratif yang berbeda asalnya, dan memiliki ciri khas yang berbeda pula.

Tapi terkadang ada pertanyaan, lebih realistis mana antara komik dan manga? Banyak orang mengatakan lebih realistis komik, apa alasannya?





Sebelum menjawab itu semua, kita bahas dulu tentang apa itu realistis. Jadi, realistis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu karya seni atau representasi visual yang menampilkan objek, orang, atau situasi secara akurat dan sesuai dengan dunia nyata. Dalam seni rupa, realisme seringkali menekankan pada detail dan penggambaran yang akurat terhadap bentuk, warna, dan tekstur, sehingga menciptakan kesan yang seolah-olah objek tersebut dapat dilihat dan dirasakan secara nyata.

Namun, konsep realisme juga dapat diterapkan pada berbagai bidang seni, seperti sastra, teater, dan film. Dalam konteks ini, realisme mengacu pada representasi cerita dan karakter yang mempunyai sifat-sifat yang menyerupai manusia dan situasi yang dapat terjadi di dunia nyata. Realisme dapat menciptakan efek yang dramatis dan emosional pada penonton atau pembaca, serta dapat menginspirasi penonton untuk merenungkan kondisi manusia dan kehidupan sehari-hari.





Nah inilah beberapa alasan mengapa komik terlihat lebih realistis dibandingkan manga, di antaranya:

Gaya gambar: Gaya gambar pada komik cenderung lebih realistis dan detil, dengan penekanan pada karakterisasi wajah dan tubuh yang lebih proporsional. Sementara pada manga, gambar cenderung lebih stylized dan kadang-kadang mengandung elemen-elemen karikatur yang ekspresif. Hal ini karena manga biasanya menggunakan bentuk dan ekspresi yang lebih eksageratif untuk menggambarkan emosi dan situasi yang dramatis.



Konten Sensitif


Penggunaan bayangan: Komik cenderung menggunakan bayangan untuk memberikan kedalaman dan dimensi pada gambar, sehingga terlihat lebih realistis. Sementara pada manga, bayangan tidak selalu digunakan secara konsisten, dan kadang-kadang hanya digunakan pada momen yang penting atau dramatis.

Pewarnaan: Komik seringkali menggunakan teknik pewarnaan yang realistis, dengan penggunaan warna yang halus dan menyatu untuk memberikan kesan yang lebih alami pada gambar. Sementara pada manga, warna seringkali hanya digunakan pada sampul atau halaman-halaman tertentu, dan seringkali menggunakan warna-warna yang cerah dan mencolok untuk menonjolkan suasana yang ceria atau dramatis.



Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa ini hanya beberapa alasan umum mengapa komik terlihat lebih realistis daripada manga. Masih banyak faktor lain yang dapat memengaruhi gaya gambar dan presentasi visual dalam kedua bentuk media tersebut, seperti gaya seni dan preferensi pengarang.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











madjoekiprovocator3301.doflamingo.
.doflamingo. dan 12 lainnya memberi reputasi
10
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
6.4KThread7.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar