kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Plt Menpora Sebut Piala Dunia U-20 Terancam Batal bukan Berarti Kiamat

TEMPO.COJakarta - Pelaksana Tugas (PLT) Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy mengatakan masyarakat tak perlu khawatir jika Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia seolah bakal terjadi kiamat.

"Kita enggak usah terlalu melihat ada suatu hal yang bakal terjadi luar biasa itu," ujar Muhadjir dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Gedung Nusantara 1 DPR RI, Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023. 

Indonesia telah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, hal ini belakangan diragukan setelah FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 di Bali.

Pembatalan ini berkaitan dengan sikap Gubernur Bali Wayan Koster yang menolak keikutsertaan Timnas Israel. Penolakan terhadap Timnas Israel U-20 juga dilontarkan sejumlah kepala daerah lain dan organisasi massa Islam.

Muhadjir meminta masyarakat tidak terhanyut dengan euforia, protes, dan hiruk-pikuk lainnya ihwal penyelenggaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia hingga melupakan cita-cita besar pembangunan manusia yang harus terancang dan terprogram dengan baik.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu menuturkan sepakbola hanya bagian kecil dari gerakan membangun manusia Indonesia yang sehat, terdidik, memiliki keterampilan baik, dan berakhlak mulia.

"Jadi sebetulnya hiruk pikuk U-20 ini sebetulnya bukan bagian yang betul-betul besar dalam konteks pembangunan manusia Indonesia," ucapnya. 

Muhadjir beranggapan pelaksaanaan olahraga bukan satu-satunya prioritas yang benar-benar menentukan masa depan Indonesia. 

"Hanya berada di bagian lingkaran kecil sehingga saya dengan segala hormat saya ingin menyampaikan bahwa dilihat dari skala prioritas sebetulnya bukan menjadi prioritas yang benar-benar menentukan masa depan Indonesia," ucap dia. 

Muhadjir mengatakan jangan sampai pelaksanaan olahraga, yang sebetulnya tidak dalam posisi strategis pembangunan manusia di Indonesia, menyita perhatian dan energi masyarakat sehingga melupakan program lain di Indonesia yang belum tuntas.

"Saya kira semua kementerian yang berada dalam koordinasi Kemenko PMK adalah mengacu kepada desain besar pembangunan manusia ini," ucap Muhadjir Effendy.

Di lain sisi, Ketua Komisi Olahraga DPR RI Saiful Huda mengatakan pihaknya ingin pemerintah menuntaskan permasalahan terkait persiapan Piala Dunia U-20. DPR ingin pemerintah berkompromi dengan pihak FIFA demi menghasilkan jalan terbaik supaya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 dapat dilaksanakan.

Komisi Olahraga DPR RI mendorong pemerintah mengambi inisiatif secepatnya dan berharap ada jalan tengah dari pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 ini.

sumber

gak perlu dibesar2kan gan. piala dunia ini hanya bagian kecil dari pembangunan manusia dan bukan prioritas dalam menentukan masa depan Indonesia.
Diubah oleh kushkoos 28-03-2023 18:04
itilnjepat
bukan.bomat
vizum78
vizum78 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.8K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.