Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
OPM Klaim Serang TNI - Polri yang Amankan Salat Tarawih di Puncak Jaya Papua
OPM Klaim Serang TNI - Polri yang Amankan Salat Tarawih di Puncak Jaya Papua
Reporter
OPM Klaim Serang TNI - Polri yang Amankan Salat Tarawih di Puncak Jaya Papua

Sebby Sambom. phaul-heger.blogspot.com

TEMPO.CO, Jakarta - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap aparat gabungan TNI-Polri yang sedang melakukan pengamanan salat tarawih di Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Pegunungan, Sabtu, 25 Maret 2023.

Juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan serangan itu dilakukan oleh pasukan TPNPB di bawah pimpinan Kalenak Murib. Sambom mengatakan Murib melaporkan pasukannya telah menembak mati satu anggota TNI dan satu anggota polisi. Sementara dua anggota TNI menderita luka tembak.

“Pimpinan militer Murib bertanggung jawab atas serangan ini,” kata Sambom dalam pernyataan tertulis, Ahad, 26 Maret  2023.

TPNPB-OPM juga meminta Presiden Joko Widodo untuk menghentikan pengiriman personel militer dan polisi ke Papua agar tidak menghadapi serangan TPNPB-OPM di bawah pimpinan Terryanus Satto. Mereka juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk segera menghentikan operasi militer dan berunding.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan peristiwa itu bermula ketika aparat gabungan TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan, tiba-tiba mendapatkan tembakan dari arah depan salah satu kios di lokasi tersebut.


“Penembakan tersebut dilakukan oleh dua orang OTK dengan menggunakan satu pucuk senjata laras pendek dan satu senjata laras panjang,” kata Benny saat dihubungi, Ahad, 26 Maret 2023.

Benny menjelaskan akibat penembakan tersebut dua personel TNI-Polri meninggal dan satu luka. Korban meninggal adalah anggota Koramil 1714-02/Ilu Sersan Dua Riswar terkena luka tembak di tulang belakang dan dagu bagian bawah, dan anggota Polsek Ilu atas nama Brigadir Polisi Dua Mesak Indey terkena luka tembak di bagian perut. Adapun korban luka yakni Brigadir M. Arif Hidayat yang terkena luka tembak di bagian paha.

“Saat ini ketiga korban berada di Makoramil 1714-02 untuk sementara waktu dan sedang berusaha dihubungi keluarga korban,” tutur Benny.

Menurutnya, situasi saat ini di Kabupaten Puncak Jaya siaga satu. Artinya, Kapolres dan seluruh anggota waspada dan mengantisipasi adanya serangan susulan terhadap anggota di lapangan.

Polres Puncak Jaya saat ini sedang siaga satu dan melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan,” ujar Benny.



Sementara itu, Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Mathius D. Fakhiri mengatakan akan menindak tegas pelaku kejahatan yang telah menewaskan anggotanya. “Saya sudah perintahkan untuk anggota untuk menangkap dan menindak tegas pelaku penembakan tersebut,” tutur Kapolda Papua.

https://nasional.tempo.co/read/17072...cak-jaya-papua

Teroris Papua sudah mengklaim bertanggungjawab
Puncak Jaya sudah siaga 1 dan bisa jadi teroris terus mengincar lokasi sholat tarawih. Semoga aparat bisa terus bersiaga karena jika teroris menyerang jemaah dampak sosialnya akan luas...



PW NU Papua prihatin penembakan aparat yang amankan Tarawih di Ilu
OPM Klaim Serang TNI - Polri yang Amankan Salat Tarawih di Puncak Jaya Papua
Minggu, 26 Maret 2023 15:35 WIB

Ketua PW NU Papua Tonny Wanggai. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

Mari kita saling menjaga kerukunan antar umat beragama dan terus terjalin
Jayapura (ANTARA) - Ketua PW Nahdatul Ulama (NU) Papua Tonny Wanggai menyatakan keprihatinannya atas penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ke aparat keamanan yang sedang mengamankan umat muslim saat melaksanakan Shalat Tarawih di Mesjid Al Alamiah Ilu, Kabupaten Puncak Jaya.

"Saya sesalkan adanya penyerangan terhadap anggota TNI-Polri yang dilakukan kepada aparat keamanan yang sedang mengamankan umat Islam melaksanakan Tarawih, " kata Tonny Wanggai kepada ANTARA, Minggu di Jayapura.

Ketua PW NU Papua juga menyatakan turut berduka cita terhadap dua anggota TNI-Polri yang meninggal dalam insiden tersebut dan berharap amal ibadahnya diterima Allah SWT.

Peristiwa itu murni gangguan keamanan dan dari laporan yang diterima tidak ada jamaah yang menjadi korban penembakan.

"Mari kita saling menjaga kerukunan antar umat beragama dan terus terjalin," harap Tonny Wanggai.

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo secara terpisah mengaku saat ini evakuasi terhadap jenazah kedua anggota TNI-Polri sudah dilakukan dan saat ini berada di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Baca juga: KKB serang TNI-Polri yang amankan Tarawih di Ilu dua meninggal

Rencananya, Senin (27/3) kedua jenazah dievakuasi ke kampung halaman masing-masing yakni anggota Koramil Ilu Serda Risawar ke Sorong dan anggota Polsek Ilu Bripda Mesar Indey dievakuasi ke Merauke.

Saat evakuasi dari Ilu ke Mulia yang memakan waktu sekitar 2,5 jam, sempat terdengar bunyi tembakan dari sekitar lapangan terbang Ilu namun tidak ada anggota yang terkena.

Baca juga: Yudo Margono: Pembebasan pilot Susi Air perlu pendekatan persuasif

"Proses evakuasi berjalan aman hingga ke Mulia dan jenazah kemudian dievakuasi ke Jayapura," jelas Kombes Ignatius Benny.https://www.antaranews.com/berita/3457575/pw-nu-papua-prihatin-penembakan-aparat-yang-amankan-tarawih-di-ilu?utm_source=antaranews&utm_medium=desktop&utm_campaign=terkini
Pernyataan NU Papua soal serangan teroris ke pengamanan sholat tarawih
sorken
a.dirnt
a.dirnt dan sorken memberi reputasi
2
1.5K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.