bang.toyipAvatar border
TS
bang.toyip
[User Review] Lenovo V14 G2 - Laptop hemat anti lemot dengan harga merakyat!


Quote:


Lenovo V14 G2 adalah laptop bisnis "ekonomis"besutan Lenovo, ditujukan bagi rentang pengguna yang lebih luas. Harganya yang ekonomis memposisikan produk ini bagi kelas mainstream dan umum, memberikan racikan yang "pas" antara kinerja, harga, reliabilitas, dan kenyamanan bagi pengguna. Di antara seri laptop Lenovo, V14 diposisikan menduduki "kelas bawah", dibawah seri Thinkbook, dan tentu saja, seri Thinkpad.

Sebagaimana produk Lenovo lainnya, V14 hadir dengan berbagai konfigurasi komponen (spesifikasi), yang dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya, dan karenanya banyak sekali macam spesifikasi yang dapat dijumpai di pasaran, mulai dari pemilihan prosesor (intel atau amd ryzen, mulai dari seri low profile hingga berkinerja tinggi), kapasitas RAM dan media penyimpanan, serta pilihan layar/display, hingga pilihan penggunaan VGA discreet (Geforce MX-series). Pada kesempatan ini, kebetulan saya menggunakan V14 dengan konfigurasi Ryzen 3 5300, RAM 8 Gb, SSD 256 Gb, dan display model TN dengan resolusi HD. Spek ini terbilang "low profile" yang lebih ekonomis namun menawarkan kinerja cukup mumpuni untuk tugas kantor harian.

Kinerja
Dengan harga (baru) yang dimulai dari 5 jutaan, laptop V14 yang saya gunakan cukup mumpuni dari sisi kinerja untuk kegiatan kantor umumnya (menggunakan office suite, web browsing, aplikasi web, email dan hiburan ringan seperti streaming, menonton film, hingga mini games dan pembuatan konten foto dan video ringan). Prosesor Ryzen3 cukup bertenaga untuk tugas-tugas tersebut, dan disisi lain efisien dalam penggunaan daya, sehingga daya tahan batre rata-rata untuk sekali cas bisa mencapai 5-6 jam bekerja, dan lebih lama bila melakukan tugas ringan. Kapasitas RAM 8 Gb juga dirasa cukup saat ini untuk multitasking. Apabila dirasakan kurang, pengguna dapat membeli dengan opsi prosesor yang lebih kencang (seperti ryzen5 atau core i5 atau lebih) dan RAM 16Gb, namun untuk kebutuhan umumnya, racikan seperti yang saya gunakan sudah dirasa "pas".


Modelnya compact, simple dan elegan, cocok untuk bisnis


Build Quality
Seperti telah disebut di atas, Lenovo V14 series adalah laptop kelas "ekonomis", jadi walaupun modelnya (casing) sangat mirip dengan seri Thinkbook yang berada di tier lebih tinggi, dari sisi build dan feel, berbeda. V14 terasa lebih "plastik" dan tidak se-solid Thinkbook, mulai dari cover atas, bawah, hingga keyboard. Walaupun untuk laptop kelas ekonomi, bahan yang digunakan cukup berkualitas, dan "rapih", menimbulkan sedikit kesan "mewah" dan tidak murahan (desainnya yang sama dengan Thinkbook memberikannya kesan profesional). Perbedaan lainnya dengan seri Thinkbook adalah dari sisi bobotnya. Penggunaan material yang berbeda, membuat seri V14 lebih ringan dibanding seri Thinkbook, dan perbedaannya cukup signifikan. Hal ini membuat seri V14 cukup nyaman dibawa-bawa.


konektivitasnya minimalis dengan ukurannya yang compact


Kenyamanan & Ergonomi
Keyboard V14 relatif nyaman digunakan, bagi saya, di kelas laptop ekonomis, termasuk salah satu yang paling nyaman untuk digunakan. Tuts keyboard terasa empuk, hening, dan permukaan yang nyaman. Touchpadnya pun memiliki ukuran yang "pas", tidak terlalu besar dan kecil (area touchpad berukuran lebih kecil dibandingkan seri Thinkbook), dan terasa "smooth" saat digunakan. Touchpadnya tentu saja sudah mendukung multi touch. Sangat disayangkan, keyboardnya belum memiliki backlight, sehingga saat bekerja di kondisi rendah cahaya akan cukup sulit. Seri V14 juga belum memiliki fitur pemindai sidik jari (fingerprint) untuk personalisasi pengguna.
Display yang dimiliki juga merupakan salah satu kelemahan laptop seri V14 ini. Walaupun tersedia opsi display HD dan FullHD, namun displaynya umumnya masih bertipe TN (belum IPS) dan memiliki tingkat kecerahan yang rendah, sehingga pemakaian di luar ruang akan cukup sulit. Terlihat bahwa laptop seri V14 ini lebih diperuntukkan bagi kegiatan dalam ruang (kantor, rumah, ruang kelas, dan sejenisnya).


OS bawaannya Win10, tapi saya hajar pakai Linux emoticon-linux2


Kesimpulan
Lenovo V14 G2 dengan harganya yang "merakyat" memang sangat cocok digunakan untuk pengguna umum yang mempertimbangkan budget dan kinerja pada sebuah laptop. Kualitas dan kinerjanya cukup mumpuni untuk menangani kebanyakan pekerjaan dan tugas, sehingga sangat pas digunakan oleh pekerja (khususnya yang berurusan dengan pekerjaan administrasi, aktivitas web, serta aplikasi ringan lainnya), pelajar, dan juga bisnis rumahan/UMKM. Lenovo V14 merupakan perangkat kerja portabel yang baik dengan daya tahan baterai cukup bagus, dengan beberapa kelebihan seperti kenyamanan keyboard dan build quality yang baik, namun di sisi lain kualitas displaynya yang kurang (dibandingkan rata-rata kompetitornya) juga harus masuk pertimbangan bagi pengguna sebelum membelinya.

Secara garis besar, diantara kelebihan dan kekurangannya, Laptop Lenovo V14 G2 bisa dibilang "worth the price", alias sangat layak untuk dibeli, mengingat harganya yang ekonomis, serta kinerja yang cukup oke dan kenyamanan secara menyeluruh.

Semoga bermanfaat!
neko
mancitybest
amekachi
amekachi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.4K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware Computer
icon
31KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.