Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Anggota TNI Polri Tewas Ditembak Saat Amankan Salat Tarawih, Puncak Jaya Siaga Satu
Anggota TNI dan Polri Tewas Ditembak Saat Amankan Salat Tarawih, Puncak Jaya Siaga Satu

Minggu, 26 Maret 2023 – 08:18 WIB Kondisi jenazah Serda Riswar dan Bripda Mesak saat berada di Koramil Illu. Foto: Humas Polda Papua

papua.jpnn.com, PUNCAK JAYA - Kepolisian Resort Puncak Jaya memberlakukan status siaga satu pasca-aksi penembakan anggota Koramil dan Polsek Illu, Sabtu (25/3) malam.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.

Kombes Benny mengatakan pemberlakuan status siaga 1 untuk mengantisipasi aksi susulan yang dilakukan orang tidak dikenal.

"Sudah ada perintah dari pimpinan untuk personel selalu waspada. Termasuk melakukan langkah-langkah penegakan terhadap pelaku," katanya. Diberitakan sebelumnya, dua personel dari Koramil dan Polsek Illu yakni Serda Riswar dan Bripda Mesak Indey tewas ditembak OTK saat menjalankan
pengamanan salat Tarawih, Sabtu (25/3) malam, Pukul 20.00 WIT. Serda Riswar terkena tembak pada bagian tulang belakang dan dagu bagian bawah, sementara Bripda Mesak Indey terkena luka tembak di bagian perut.

Berdasarkan kronologi, keduanya dibrondong peluru oleh dua orang pelaku menggunakan senjata laras panjang dan pistol. (mcr30/jpnn)

https://papua.jpnn.com/papua-terkini...aya-siaga-satu


Evakuasi 2 Jenazah Anggota TNI-Polri yang Ditembak KKB saat Jaga Tarawih di Papua sempat Terkendala

evakuasi-2-jenazah-anggota-tni-polri-yang-ditembak-kkb-saat-jaga-tarawih-di-papua-sempat-terkendala
Ilustrasi. Evakuasi 2 jenazah anggota TNI-Polri yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat menjaga tarawih di Papua Tengah sempat terkendala pada Sabtu (25/3). (Sumber: KOMPAS)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada
JAYAPURA, KOMPAS.TV - Evakuasi dua jenazah anggota TNI-Polri yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua saat menjaga tarawih di Papua Tengah sempat terkendala.

Jenazah dua korban meninggal akibat baku tembak dengan KKB, yakni anggota Polsek Ilu Brigadir Dua (Bripda) Mesak Indey dan anggota Koramil Ilu Sersan Dua (Serda) Riswar itu masih belum bisa dievakuasi pada Sabtu (25/3/2023) malam.

Jenazah Serda Riswar dan Bripda Mesak belum dapat dievakuasi pada Sabtu malam karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan," kata Komandan Resor Militer (Danrem) 173/Praja Vira Braja Brigjen Sri Widodo, Sabtu (25/3) dilansir dari Kompas.id.

Untuk itu, pihaknya sempat mengamankan area di Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah sebagai tempat pendaratan pesawat.

"Kami akan mengamankan area pesawat mendarat untuk mengevakuasi jenazah keduanya dari Distrik Ilu,” jelas Sri Widodo pada Sabtu malam.

Kini, ia menyatakan, jenazah Serda Riswar dan Bripda Mesar telah dievakuasi ke Markas Koramil Ilu.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, sebanyak 16 anggota TNI-Polri yang menjaga ibadah tarawih di Masjid Al Amaliah, Distrik Ilu diserang dua orang KKB sekitar pukul 20.00 WIT.

Kontak senjata atau peristiwa tembak-menembak itu terjadi hingga pukul 21.00 WIT. Akibatnya, dua orang personel, yakni Serda Riswar dan Bripda Mesak, meninggal dunia akibat tertembak.

Serta Riswar tertembak di bagian tulang belakang dan dagu bagian bawah. Sementara itu, Bripda Mesak tertembak di bagian perut.

Selain korban meninggal, ada juga satu korban luka berat, yakni anggota Polsek Ilu Brigpol Muhammad Arif Hidayat. Bagian pahanya tertembak dan masih ditangani petugas medis.

Usai melakukan penyerangan, anggota KKB langsung melarikan diri. Tidak ada jemaah salat Tarawih yang terluka dalam peristiwa penyerangan hingga baku tembak ini.

Kami sama sekali tidak menyangka kelompok ini bisa menyerang 16 personel aparat keamanan gabungan TNI-Polri di Masjid Al Amaliah. Saat terjadi serangan, jemaah tengah melaksanakan salat Tarawih," ungkap Sri Widodo.

Ia pun menerangkan, aparat gabungan TNI-Polri tengah melakukan upaya pengejaran terhadap para pelaku.

Selain itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo menyebutkan, ada dua anggota KKB yang terlibat dalam penyerangan ini.

Para pelaku masing-masing menggunakan satu senjata laras panjang dan satu senjata laras pendek.

Usai peristiwa mematikan itu terjadi, situasi keamanan di Puncak Jaya dalam kondisi siaga satu (kesiagaan tertinggi).

"Aparat gabungan TNI dan Polri bersiaga untuk mengantisipasi serangan susulan kelompok tersebut,” jelas Ignatius, Sabtu (25/3).
https://www.kompas.tv/article/391464...pat-terkendala

Puncak Jaya siaga satu
sepertinya aparat khawatir teroris terus menargetkan tarawih jadi sasaran secara banyak orang berkumpul termasuk aparat berjaga karena biasanya teroris selalu menargetkan tukang ojek dan pekerja selain patroli aparat dan menembak secara mendadak di tengah masyarakat.
prabas
.bindexee.
.bindexee. dan prabas memberi reputasi
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.