4574587568Avatar border
TS
4574587568
Luhut Tantang IMF Dkk: Jangan Pernah Macam-macam Dengan Kami!


Jakarta, CNBC Indonesia - Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi menceritakan, beberapa waktu lalu dirinya didatangi oleh perwakilan Dana Moneter Internasional (IMF) terkait dengan kebijakan hilirisasi Indonesia.

Hal ini disampaikan Luhut ketika hadir dalam acara Digital Government Award SPBE Summit 2023, Selasa (24/3/2023). Hilirisasi, kata Luhut adalah satu dari empat pilar yang membuat perekonomian nasional bisa kokoh seperti sekarang. 


"Jumat lalu IMF datang ke kantor saya. Mereka tanya kenapa kita larang ekspor raw material atau ciritical mineral itu," ungkap Luhut dikutip Jumat (24/3/2023). 

Kehadiran IMF turut mewakili banyak negara tidak terima dengan kebijakan pemerintah Indonesia, khususnya negara maju.

"Saya sampaikan kepada mereka, hei lihat saya bilang, kalian di negara -negara maju itu selalu melihat negara berkembang itu seperti di bawah saja. Lah kalau kami tidak punya nilai tambah ini, kapan kami nikmati kapan rakyat kami di pedesaan di Indonesia timur akan ada seperti sekarang ini, itu karena hilirisasi," jelasnya.

Kebijakan larangan ekspor yang sudah ditempuh pemerintah adalah nikel. Dalam waktu dekat bauksit pada Juni 2023 dan diikuti beberapa komoditas lain ke depannya.

"Mereka bilang 'kami stakeholder IMF itu mempertanyakan.' Ya saya bisa kasih penjelasan kalau mereka mau ke negara-negara maju itu," terangnya. 


Setelah berbincang cukup lama, Luhut meyakini IMF akhirnya paham maksud dari kebijakan pemerintah. "Mereka akhirnya paham. bahwa Indonesia ini bukan negara ecek ecek, we are the great country. Jadi kalian jangan pernah macam-macam sama kami," pungkasnya.

sumber
nomorelies
bukan.bomat
lauda.9396
lauda.9396 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.