• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Perburuan Drone Berlanjut, Su-27 Rusia Serang Drone Bayraktar TB2 di Laut Hitam

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Perburuan Drone Berlanjut, Su-27 Rusia Serang Drone Bayraktar TB2 di Laut Hitam
Quote:


Pada 14 Maret 2023 lalu Su-27 menjatuhkan drone MQ-9 Repaer di Laut Hitam, beberapa hari kemudian giliran drone Bayraktar TB2 yang nyaris jadi korban selanjutnya. Insiden kali ini melibatkan Su-27 dan drone Bayraktar TB2 terjadi di atas perairan Laut Hitam dan lebih khusus lagi di dekat pantai Krimea. Laporan pengejaran Bayraktar TB2 muncul sekitar 5 hari setelah jatuhnya Reaper di Laut Hitam.

Menurut laporan di media lokal Turkiye, Su-27 diyakini telah menggunakan jet washuntuk mengganggu daya dorong drone tersebut. Jet wash pada dasarnya adalah turbulensi yang terbentuk di bagian belakang pesawat saat melewati udara. Tetapi hal itu belum cukup untuk membuat Bayraktar TB2 jatuh, sehingga drone masih selamat dari maut.

Pilot Su-27 Rusia tidak menggunakan rudal udara ke udara dalam insiden tersebut untuk menembak drone Gan, hal itu dilakukan karena pilot masih belum bisa memastikan siapa pemilik Bayraktar TB2 tersebut. Sebenarnya Rusia sah-sah saja menembak drone tersebut. Di sisi lain beberapa analis mengatakan jika Su-27 tidak membawa rudal dalam insiden tersebut. Sementara, Kementerian Pertahanan Rusia masih belum memberi penjelasan terkait insiden tersebut.

Quote:


Bicara soal Bayraktar TB2 Gan, kemungkinan yang hendak dijatuhkan Su-27 Rusia adalah drone yang dioperasikan Ukraina, mengingat drone tersebut terbang di dekat Krimea. Drone ini sebenarnya sudah lama menghilang, padahal pada awal Mei sampai Juni 2022 drone tersebut memainkan peran penting dalam upaya menggempur Pulau Ular yang diduduki Rusia.

Laporan yang diterbitkan media Rusia pada Desember 2022 mengatakan jika Bayraktar TB2 sudah tidak bekerja sebaik di Libya, Suriah, dan terutama selama perang Nagorno-Karabakh. Beberapa analis mengatakan jika kini Rusia telah belajar dari kesalahannya, dan meningkatkan efektivitas sistem pertahanan udara berlapisnya karena penyebaran luas TB2. Turkiye sendiri telah memasok 50 unit drone TB2 ke Ukraina, sementara Rusia mengklaim telah menghancurkan lebih dari jumlah tersebut.




---------------------




Referensi Tulisan: eurasiantimes.com
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 26-03-2023 02:32
black.robo
gabener.edan
69banditos
69banditos dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.1K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.