hadramaut.boyAvatar border
TS
hadramaut.boy
8 Bahan Ini Bisa Bikin Nasi Goreng Jadi Tak Halal, Muslim Perlu Waspada


Jakarta - 
Nasi goreng bisa jadi tidak halal karena penggunaan bahan-bahan ini. Mulai dari saus hingga topping, waspadai titik kritis kehalalan nasi goreng.
Menyebut makanan favorit orang Indonesia tak bisa meninggalkan nasi goreng. Olahan nasi yang diracik bersama kecap manis dan bumbu gurih ini mudah ditemukan di penjaja kaki lima hingga restoran bintang 5.

Nasi goreng juga hadir dalam berbagai versi, mulai dari nasi goreng kampung, nasi goreng kambing, nasi goreng Aceh, hingga nasi goreng gila. Meski sekilas nasi goreng tak memiliki titik kritis kehalalan, ternyata ada beberapa bahan yang bisa membuat sajian ini jadi tidak halal.

Mengutip Instagram halalcorner (12/3), ini 8 bahan yang bisa membuat nasi goreng bisa jadi tak halal:


1. Nasi putih

Menjadi bahan utama pembuatan nasi goreng, nasi putih kerap dimarinasi bersama cuka atau jus lemon. Penggunaan cuka perlu diwaspadai karena mungkin mengandung khamr.

2. Angciu



Banyak muslim belum tahu kalau angciu adalah bumbu nonhalal. Arak masak ini mengandung alkohol, bahkan bisa mencapai 15%. Penggunaan angciu jamak pada masakan China karena dinilai bisa melezatkan masakan.

Angciu juga kerap dipakai penjual nasi goreng gerobakan sehingga muslim perlu waspada. Mengenai asal-usulnya, angciu terbuat dari beras yang difermentasi hingga mengandung alkohol. Bentuk angciu adalah cairan berwarna kemerahan dengan rasa manis.

3. Saus

Aneka saus dan bumbu juga kerap ditambahkan saat memasak nasi goreng, termasuk kecap manis, kecap asin, saus tiram, MSG, gula dan banyak lainnya. Saus memiliki banyak titik kritis kehalalan.
Misalnya pemutih gula yang berasal dari tulang hewan. Ada kemungkinan pemakaian tulang babi yang membuatnya nonhalal.

4. Sosis





Menjadi topping favorit pada nasi goreng, sosis juga perlu diwaspadai penggunaannya. Muslim perlu memastikan sosis yang dipakai adalah halal. Lebih bagus jika di kemasannya sudah tercantum logo halal.

Jangan sampai sosis tersebut tidak halal. Jika ragu, lebih baik dihindari karena sosis termasuk produk yang titik kritis kehalalannya begitu besar mengingat sosis terbuat dari daging.

5. Kecap

Secara khusus, kecap adalah bumbu utama nasi goreng. Status kehalalan kecap menjadi samar saat dicampur MSG atau spirit/wine vinegar. Kedua bahan ini rentan tercemar barang haram.


6. MSG



MSG jamak dipakai karena memberi rasa umami yang menambah kelezatan makanan. Sayangnya MSG juga mungkin tidak halal karena penggunaan media mikrobial MSG yang berfungsi untuk fermentasi bahan baku.


Pada tahun 2000 terkuak salah satu produk MSG menggunakan babi sebagai media mikrobial. Karenanya penting untuk turut memastikan MSG yang dipakai bersifat halal.


7. Bakso

Seperti halnya sosis, bakso juga perlu diwaspadai kehalalannya. Apakah daging yang digunakan halal? Bagaimana dengan MSG dan tepungnya?

Emulsifier yang digunakan agar bakso lebih kenyal juga menjadi titik kritis kehalalan bakso. Harus jelas media mikrobial yang dipakai, jangan sampai mengandung unsur haram.

8. Sawi




Sawi merupakan positive list atau sangat minim menjadi tidak halal, namun ada fokus soal penggunaan pestisida yang perlu diwaspadai muslim.

Selain 8 bahan tadi, pengolahan nasi goreng juga menjadi titik kritis kehalalannya. Teknik masak flambe perlu diperhatikan. Teknik masak ini banyak dipakai tukang nasi goreng yang cirinya menghasilkan kobaran api besar.

Biasanya teknik flambe menggunakan angciu, rhum, whisky dan lainnya. Ada juga yang menggunakan wajan panas dengan air dan lain sebagainya. Alangkah baiknya muslim berhati-hati dengan hal ini. Caranya bisa dengan memastikan ke penjual atau koki kalau tidak ada penggunaan bahan nonhalal.


Haramm

Harap berhati ya kawan-kawan emoticon-shakehand



jiresh
maroonia
aloha.duarr
aloha.duarr dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.9K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.