• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tahu Apa Manfaat dari Menahan Emosi dan Amarah? Ini Dia Beberapa Keuntungannya!

masnukho
TS
masnukho 
Tahu Apa Manfaat dari Menahan Emosi dan Amarah? Ini Dia Beberapa Keuntungannya!
Memiliki banyak manfaat, pahami tentang pentingnya menjaga emosi dan amarah


Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa untuk Agan Sista umat muslim di seluruh Indonesia dan dunia.

Di hari pertama bulan Ramadhan 1444 Hijriyah kali ini TS akan membahas tentang emosi dan amarah, dua hal yang menjadi sangat penting untuk dikendalikan di bulan Ramadhan karena setiap orang yang berpuasa memiliki kewajiban untuk mengontrol emosi dan menahan hawa nafsu.

Membahas tentang emosi dan amarah, dapat dikatakan masih cukup banyak orang yang salah mengartikan dua kata tersebut dengan menyamakan makna dari keduanya.

Usut punya usut, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia antara emosi dan amarah itu memiliki arti dan makna yang sangat jauh berbeda GanSis. Berikut ini penjelasan singkatnya.




Amarah, merupakan kata yang berasal dari kata dasar marah. Kata marah sendiri di KBBI memiliki arti ungkapan perasaan tidak senang karena dihina, diperlakukan tidak sepantasnya dan sebagainya, sedangkan kata emosi memiliki arti luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat, keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis seperti rasa sedih, bahagia, cinta, haru dan marah.

Melihat arti dari kata emosi dan marah di atas, tentu menahan keduanya penting untuk dilakukan dan memiliki beberapa manfaat GanSis.
Apa saja manfaatnya?
Di bawah ini beberapa diantaranya.


1. Menghindari Mood Swing

Dari Agan dan Sista pasti ada yang sering mengalami mood swing, yaitu perubahan perasaan hati secara cepat dan menjadi salah satu tanda atau gejala seseorang mengalami stress atau gangguan mental.

Menahan emosi dan amarah memiliki manfaat untuk menghindari mood swing GanSis. Jika kalian dapat mengontrol perasaan sedih, bahagia, haru, dan cinta, maka kalian akan terhindar dari stres karena terbawa suasana hati.

2. Menjauhkan Diri dari Masalah

Mengalami masalah karena tidak dapat menahan emosi dan amarah, tidak jarang dialami oleh banyak orang karena mereka merasa kesulitan untuk mengontrol perasaan mereka sendiri.

Menanggapi atau menyikapi masalah dengan emosi hanya akan membuat sebuah masalah semakin besar, karena orang yang terlibat di dalam masalah tersebut juga dapat tersulut amarahnya saat Agan atau Sista meluapkan kemarahan di depan mereka. Itulah sering kali kita dengar sebuah nasihat baik yaitu untuk menyelesaikan masalah dengan hati tenang dan kepala dingin.

3. Terhindar dari Penyakit

Perlu Agan dan Sista ketahui, tidak dapat menahan emosi dan amarah dengan baik itu merupakan salah satu tindakan menyakiti diri sendiri.

Seseorang yang mempunyai emosi tidak stabil mereka akan dipermainkan oleh perasaannya sendiri sehingga dapat menimbulkan stres dan daya tahan tubuh menurun.

Bukan hanya itu, seseorang yang suka marah-marah juga beresiko mengalami penyakit serangan jantung. Itulah sebabnya seseorang yang sudah terkena penyakit jantung mereka harus benar-benar dapat mengontrol emosi dengan baik.



Itulah tadi GanSis beberapa manfaat dari menahan emosi dan amarah pada diri sendiri.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, menahan emosi dan amarah juga dapat membawa seseorang terhindar dari berbuat dosa, karena banyak dosa yang terjadi karena seseorang tidak bisa menahan emosi, amarah, dan juga hawa nafsunya.

Bagaimana, apakah Agan Sista sudah bisa menahan emosi dengan baik?
Tetap terus belajar karena untuk menjadi baik butuh usaha keras dan ekstra.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
koi7darkwilliam00ggfajrenk
fajrenk dan 17 lainnya memberi reputasi
18
3.4K
116
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.