pilottempur1718Avatar border
TS
pilottempur1718
Mahfud: Gilanya Korupsi di Negara Kita, Noleh ke Mana Saja Ada
Konten Sensitif


Jakarta - Mahfud Md mencontohkan potensi pendapatan negara yang tinggi bila celah korupsi di sektor pertambangan ditutup. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu mengatakan ke mana pun mata tertuju ada korupsi.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam sambutannya di sarasehan tentang 'Isu Strategis dengan Tema Sinkronisasi Tata Kelola Pertambangan Mineral Utama Perspektif Politik, Hukum, dan Keamanan' di Hotel Grand Sahid, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Awalnya Mahfud mengutip ucapan mantan Ketua KPK Abraham Samad soal potensi korupsi di sektor pertambangan yang nilainya bisa untuk gaji setiap rakyat Indonesia per bulan.

"Nah itu pertambangan. Belum kehutanan, belum perikanan, belum pertanian, apa lagi? Gilanya korupsi di negara kita ini," kata Mahfud, Selasa (21/3/2023).

"Sehingga saya katakan. Sekarang Saudara noleh ke mana aja ada korupsi, kok. Noleh nih ke hutan ada korupsi di hutan, noleh ke udara ke pesawat udara ada korupsi di Garuda, asuransi ada asuransi, koperasi korupsi, semuanya korupsi. Nah ini sebenarnya mengapa dulu kita melakukan reformasi," imbuh Mahfud.

Ucapan Samad sendiri yang dikutip Mahfud pernah disampaikan mantan Ketua KPK itu 10 tahun lalu. Apa katanya?

"Ada informasi dari PPATK waktu itu Abraham Samad mengatakan kalau saja di dunia pertambangan ini kita bisa menghapus celah-celah korupsi, maka setiap kepala orang Indonesia itu setiap bulan akan mendapatkan uang Rp 20 juta tanpa kerja apa pun, termasuk anak kecil," ucap Mahfud. Rp 20 juta setiap bulan gratis dari negara," kata Mahfud.

"Itu Abraham Samad (yang menyampaikan). Oleh sebab itu, jejak digitalnya masih ada. Saudara bayangkan berapa besar korupsi dunia pertambangan ini sejak saat itu dan sejak sebelumnya mengapa kita melakukan reformasi," imbuh Mahfud.

detik.com
nomorelies
viniest
aldonistic
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.4K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.