Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
WHO Tuding Tiongkok Sembunyikan Data yang Kaitkan Covid-19 dengan Anjing Rakun
WHO Tuding Tiongkok Sembunyikan Data yang Kaitkan Covid-19 dengan Anjing Rakun

18 Maret 2023 15:18



Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegur sejumlah pejabat Tiongkok karena diduga menahan data yang mungkin dapat mengaitkan asal-usul Covid-19 dengan hewan liar. WHO pun menanyakan mengapa data tersebut tidak tersedia tiga tahun lalu, dan mengapa sekarang malah hilang.
 
Sebelum data itu menghilang, tim ahli virus internasional mengunduh dan mulai menganalisis penelitian terkait Covid-19, yang muncul secara daring pada Januari lalu.
 
Mereka mengatakan data penelitian itu mendukung gagasan bahwa pandemi Covid-19 bisa saja dimulai ketika anjing rakun yang diperdagangkan secara ilegal di pasar makanan laut di kota Wuhan, menginfeksi manusia.

Tetapi urutan gen dalam penelitian itu telah dihapus dari database ilmiah, setelah para ahli internasional menawarkan untuk berkolaborasi dalam analisis dengan rekan-rekan di Tiongkok.
 
"Data ini seharusnya dibagikan tiga tahun lalu," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.
 
"Bukti yang hilang ini harus segera dibagikan kepada masyarakat internasional," sambungnya, seperti dikutip dari laman The Age, Sabtu, 18 Maret 2023.
 
Menurut para ahli yang meninjaunya, penelitian tersebut menawarkan bukti bahwa anjing rakun - hewan mirip rubah yang diketahui menyebarkan virus korona - telah meninggalkan DNA di tempat yang sama di pasar Wuhan, di mana jejak genetik dari Covid-19 ditemukan.
 
Bagi beberapa ahli, temuan itu menunjukkan bahwa hewan tersebut mungkin telah terinfeksi, dan mungkin telah menularkan virus itu ke manusia.
 
Dengan sejumlah besar informasi genetik yang diambil dari sejumlah kandang hewan, gerobak, dan permukaan lain di pasar Wuhan pada awal 2020, data genetik telah menjadi fokus antisipasi di kalangan ahli virus sejak mereka mengetahuinya setahun lalu di sebuah makalah buatan ilmuwan Tiongkok.
 
Seorang ahli biologi Prancis menemukan urutan genetik dalam database minggu lalu, dan ia beserta timnya mulai mengambilnya untuk mencari petunjuk tentang asal-usul pandemi Covid-19.
 
Tim tersebut belum merilis makalah yang menguraikan temuan. Tetapi para peneliti menyampaikan analisis materi tersebut kepada kelompok penasehat WHO yang mempelajari asal-usul Covid-19 minggu ini dalam sebuah pertemuan yang juga menyertakan presentasi oleh jajaran peneliti Tiongkok seputar data yang sama.
 
https://www.medcom.id/internasional/...n-anjing-rakun
wetp794239
wetp794239 memberi reputasi
1
802
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.