uliyatis
TS
uliyatis
Tips Mengenalkan Puasa Pada Buah Hati Sejak Usia Dini
Ini ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan pada buah hati. Tidak terlalu sulit kok, kalo mo diajarkan pada buah hati kita. Mau tahu, tipsnya apa aja dan bagaimana agar buah hati juga mau ikutan puasa? Yuk, bisa disimak lebih lanjut di sini, ya, gansist.



Gambar : pinterest

Buat gansist yang memiliki buah hati, jika ingin mengenalkan puasa di bulan ramadhan sedari dini bisa dilakukan dengan berbagai hal. Memang sudah seharusnya, kita mengenalkan apa dan bagaimana menjalankan ibadah ini di bulan ramadhan.

Memang sih, susah-susah mudah mengajak buah hati yang masih balita untuk berpuasa. Di samping, kondisi mereka yang memang belum bisa puasa sehari penuh, anak-anak dengan usia seperti ini juga belum dikenakan wajib berpuasa.

Nah, untuk itu, ada beberapa tips yang bisa gansist lakukan, saat ingin mengajak anak berpuasa. Apa saja, yuk intip di sini ya, gansist.

Assalammualaikum

Selamat datang di threat yang baru

Doa dan salamku buat gansist semua

Yuk, kita lanjutin lagi ya gansist, mengulik beberapa tips agar buah hati yang masih balita bisa terus berpuasa.




Gamber: pinterest

1. Saat bulan Ramadhan, anak tetap kita bangunkan saat sahur, meski belum bisa berpuasa.

2. Saat anak balita sudah tahu apa itu puasa dan mengapa harus bepuasa, kita ajak balita kita berpuasa, meskipun belum bisa full puasanya

3. Anak yang masih balita, biarkan berpuasa semampu yang dia bisa. Jika sudah tidak tahan, biarkan anak untuk berbuka. Setelah itu biarkan, berpuasa lagi. Demikian seterusnya, sampe buah hati kuat berpuasa sehari penuh.

4. Bagi balita atau buah hati yang masih duduk di bangku SD sekitar kelas 1 atau 2, bisa kita toleransi dulu dengan berpuasa hanya setengah hari. Dan ditahun-tahin berikutbya, baru diterapkan puasa penuh seharian.

5. Buatkan makanan kesukaan buah hati baik pada sahur atau buka puasa. Itu untuk memancing semangat buah hati kita untuk tetap berpuasa.

6. Jangan lupa berikan penghargaan sebagai perhatian kepada buah hati, setelah berhasil puasa baik setengah hari atau sudah penuh satu hari. Bisa dengan memberikan ucapan atau pelukan hangat atau pujian.

7. Terakhir berikan pula buah hati penghargaan yang lain, dijanjikan atau tidak, semacam hadiah, agar anak lebih bersemangat lagi menjalankan ibadah puasa.

Perlahan, anak akan mampu berpuasa penuh seharian. Mengenalkan puasa ssjak dini pada anak sangat bermanfaat. Anak akan terbiasa berpuasa dari kecil, sehingga tidak akan kaget lagi jika harus berpuasa, ketika anak sudah lebih besar.

Demikianlah thread ini

Terima kasih sudah mampir

Jangan lupa tinggalkan jejak indah berupa cendol, rating dan koment yang baik ya ...

Referensi :

di sini


Diubah oleh uliyatis 06-05-2020 02:42
tien212700bekticahyopurnoazka81
azka81 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
2.7K
96
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Kids & Parenting
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.7KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.