Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
2.000 Siswa SD, SMP, SMA di Yahukimo Diliburkan Sepekan Pascateror KKB
2.000 Siswa SD, SMP, SMA di Yahukimo Diliburkan Sepekan Pascateror KKB

John Roy Purba - detikSulsel
Rabu, 15 Mar 2023 17:40 WIB

Foto: Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi dibakarnya sekolah di Dekai, Kabupaten Yahukimo. (Dok. Istimewa)
Yahukimo - Sebanyak 2.000 siswa dari 30 TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan diliburkan selama 7 hari pascateror kelompok kriminal bersenjata (KKB). Pemkab Yahukimo menetapkan kebijakan ini sampai situasi dianggap kondusif.
"Kami dari pemerintah daerah membuat surat imbauan kepada seluruh sekolah untuk meliburkan aktivitas pendidikan selama sepekan, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK," ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Yahukimo Akso Balingga kepada detikcom, Rabu (15/3/2023).

Kebijakan itu ditetapkan Pemkab Yahukimo dalam surat edaran Wakil Bupati Yahukimo tanggal 14 Maret 2023, Nomor: 422.5/12/BUP/2023. Kegiatan belajar mengajar dihentikan sementara terhitung sejak 14-21 Maret 2023.

"Jumlah sekolah di Dekai mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/ SMK baik itu selolah negeri maupun swasta/yayasan ada sekitar 30 sekolah. Dengan jumlah siswa sekitar 2.000 orang," tuturnya.

Akso menjelaskan kebijakan meliburkan sekolah untuk menjaga keamanan di tengah rentetan teror di Yahukimo. Warga saat ini disebut hidup dalam ketakutan.

"Jadi dengan situasi teror yang dilakukan KKB di Yahukimo saat ini masyarakat penuh dengan ketakutan. Situasi keamanan, pagi, siang dan malam di sana susah diprediksi. Kira tidak tahu kapan waktunya aman dan tidak aman. Bahkan terakhir ada 2 ruangan sekolah yang dibakar," katanya.

Dia menjelaskan pemerintah daerah penting mengantisipasi hal yang tak di inginkan terjadi kepada para pelajar maupun guru-guru. Di samping itu kini orang tua juga khawatir mengantarkan anaknya pergi bersekolah.

"Orang tua anak didik sampaikan kepada kami bahwa mereka takut mengantar anak mereka bersekolah. Tentunya ini juga yang membuat pemerintah daerah harus mengeluarkan imbauan diliburkannya aktivitas pendidikan," tegas Akso.

Akso menambahkan pemerintah daerah akan terus memantau perkembangan situasi keamanan di Dekai. Apabila situasi keamanan masih terus terganggu tentu perlu disikapi lebih serius untuk aktivitas pendidikan.

"Intinya kalau pihak keamanan sudah bisa memastikan dan menjamin situasi keamanan masyarakat aktivitas pendidikan akan kembali berjalan seperti biasa. Nah ini akan kita lihat sepekan ke depan," imbuhnya.

Sementara Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengakui, kondisi keamanan di wilayah Yahukimo mengalami gangguan. Adanya insiden pembakaran sekolah menjadi puncak kekhawatiran warga hingga pemerintah mengambil sikap.

"Pemda Yahokimo mengambil sikap tersebut, karena adanya gangguan keamanan di Kota Dekai, beberapa waktu lalu, termasuk percobaan pembakaran sekolah SD Negeri di Dekai, Selasa (14/3) dan terbakarnya SD YPK Metanoia Dekai, Senin (13/3)," kata Benny ketika dikonfirmasi, Rabu (15/3).

Benny menerangkan sikap yang diambil oleh pemerintah adalah bagian dari langkah antisipasi. Hal ini agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Aparat kepolisian telah berupaya untuk menjamin keamanan masyarakat Yahukimo. Kami juga akan mengirimkan pasukan Brimob untuk membantu menjaga keamanan di Yahukimo, termasuk di objek vital seperti bandara," tuturnya.

"Di samping itu aparat keamanan di Yahukimo bersiaga dalam tugas masing-masing. Sedangkan Polres Yahukimo terus secara rutin melakukan patroli dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif di sana," pungkasnya.
https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6620888/2000-siswa-sd-smp-sma-di-yahukimo-diliburkan-sepekan-pascateror-kkb.

Efek SD terbakar dan diklaim teroris mereka yang bakar dengan dalih tak boleh ada sekolah



Olah TKP SD Inpres Yahukimo Diduga Dibakar, Polisi Amankan Botol Berisi Minyak

Rizky Agustian · Rabu, 15 Maret 2023 - 13:43:00 WIT Polisi mengamankan botol air kemasan berisi minyak saat melakukan olah TKP di SD Inpres Yahukimo yang diduga dibakar. (Foto: Humas Polres Yahukimo) YAHUKIMO, iNews.id - Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran SD Inpres YPK Metanoia di Dekai, Kabupaten Yahukimo, yang diduga dibakar pada Senin (13/3/2023).

Olah TKP dilakukan untuk mengusut penyebab kebakaran tersebut. Selain melakukan olah TKP, polisi juga meminta keterangan sejumlah saksi untuk melengkapi bukti-bukti atas peristiwa kebakaran itu.

“Tidak hanya melakukan olah TKP, tetapi dari berbagai keterangan saksi juga kami kumpulkan untuk menambah bukti-bukti yang kami dapatkan,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, dikutip dari portal Polri, Rabu (15/3/2023).

Hasil olah TKP, kata Benny, petugas mengamankan sejumlah bukti berupa botol air kemasan berisi minyak, kayu yang telah hangus terbakar, kain berwarna biru, gerendel pintu, serta pahat.

Dia mengatakan, pihaknya sempat terkendala untuk mengusut peristiwa tersebut lantaran keterbatasan saksi di TKP.

“Namun dari beberapa keterangan yang kami peroleh dan sampel yang telah kita ambil dari TKP, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut,” ujarnya.

Dia pun membantah klaim TPNPB-OPM atau KKB yang mengklaim menjadi pelaku pembakaran sekolah itu. Polres Yahukimo saat ini masih mendalami dengan mengumpulkan informasi dan bahan keterangan terkait penyebab kebakaran.


: https://papua.inews.id/berita/olah-tkp-sd-inpres-yahukimo-diduga-dibakar-polisi-amankan-botol-berisi-minyak/2.


Kemungkinan besar dibakar...


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
Diubah oleh mabdulkarim 15-03-2023 12:21
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
599
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.