Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgabrt3Avatar border
TS
trfpjkgabrt3
Penerimaan Pajak Barang Mewah dan PPN Tumbuh Pesat


JAKARTA -- Kementerian Keuangan melaporkan realisasi penerimaan pajak hingga Februari 2023 masih cukup kuat di tengah berbagai dinamika global. Pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mencatatkan pertumbuhan tertinggi.

Nilai penerimaan pajak secara keseluruhan tercatat sebesar Rp 279,98 triliun atau mencapai 16,3 persen dari target tahun ini sebesar Rp 1.718 triliun. Menteri keuangan Sri Mulyani mengatakan, realisasi tersebut tumbuh 40,35 persen dibandingkan Februari 2022.

Penerimaan pajak terdiri atas pajak penghasilan (PPh) non migas yang nilainya mencapai Rp 137,09 triliun atau 15,69 persen dari target. "Capaian tersebut (Pph nonmigas) dibandingkan periode yang sama tahun lalu tumbuh 24,35 persen," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (14/3).

Kemudian, realisasi penerimaan PPN dan PPnBM juga mengalami peningkatan. Nilainya mencapai Rp 128,27 triliun, tumbuh signifikan sebesar 72,87 persen dibandingkan Februari 2022 (yoy). Adapun penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pajak lainnya telah mencapai Rp 1,95 triliun atau sudah terealisasi 4,87 persen dari target. Realisasi ini tumbuh 29,33 persen (yoy).



Akan tetapi, penerimaan dari Pph minyak dan gas mengalami kontraksi 6,36 persen dengan nilai sebesar Rp 12,67 triliun atau 20,62 dari target. "Ini yang mengalami koreksi dan kita harus perhatikan secara seksama adalah PPh migas. Ini karena kita punya lifting menurun dan dalam hal ini harga minyak dunia turun," kata dia.

Sri mengatakan, kinerja penerimaan pajak yang dinilai baik pada dua bulan pertama ini dipengaruhi harga komoditas yang masih tinggi dibandingkan Januari-Februari 2022. Selain itu, aktivitas ekonomi juga terus membaik dan berkat adanya UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

"Ketiga faktor ini memberikan pertumbuhan penerimaan pajak sangat baik. Kita tentu tetap mewaspadai meski sampai Februari ini sangat bagus. Sebab situasi dunia tidak dalam kondisi yang stabil dan baik," kata Sri.

Tumbuhnya penerimaan pajak berdampak positif terhadap kinerja Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN). APBN pada Februari 2023 tercatat mengalami surplus Rp 131,8 triliun. Surplus diperoleh karena pendapatan negara berhasil melampaui dari belanja negara yang dikeluarkan dalam dua bulan pertama tahun ini.

Pendapatan negara hingga akhir Februari 2023 mencapai Rp 419,6 triliun, tumbuh 38,7 persen (yoy). Sementara itu, realisasi belanja negara tercatat Rp 287,8 triliun atau hanya naik 1,8 persen yoy. "Jadi APBN kita masih surplus secara total," katanya.


Sri menjelaskan, pendapatan negara mencapai Rp 419,6 triliun setara dengan 17 persen dari target pendapatan negara tahun ini. Adapun realisasi pendapatan tersebut terdiri atas penerimaan perpajakan Rp 332 triliun dan penerimaan negara bukan pajak Rp 86,4 triliun.

Adapun untuk belanja negara sebesar Rp 287,8 triliun setara 9,4 persen dari target belanja tahun ini. Sri mendata, belanja negara terdiri atas belanja pemerintah pusat Rp 182,6 triliun serta transfer ke daerah sebesar Rp 105,2 triliun.

"Itu adalah situasi APBN sampai Februari yang kondisinya jauh lebih kuat dibandingkan Januari dan Februari tahun lalu dilihat dari posturnya, baik penerimaan dan belanja," kata Sri.

Melihat perkembangan APBN dalam dua bulan pertama tahun ini, Sri menilai prospek ekonomi domestik secara umum masih cukup kuat. Itu terlihat dari geliat industri yang dicerminkan PMI Manufaktur dalam level ekspansi di atas 50 poin dalam 18 bulan terakhir.

Menkeu menambahkan, Indeks Keyakinan Konsumen hingga Februari 2023 berada pada level tinggi sebesar 122,4 poin. "Ini bagus menjelang bulan puasa dan Lebaran," ujarnya.


sumber berita


Dukung Jokowi 🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨

Dukung Sri Mulyani 🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨

Dukung Program Pemerintah 🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨
didududi
Mistaravim
nomorelies
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
-2
1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.