Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fachzAvatar border
TS
fachz
Krisis Ekonomi Terparah dalam Sejarah: Depresi Ekonomi 2008 yang Mengguncang Dunia
Krisis Ekonomi Terparah dalam Sejarah: Depresi Ekonomi 2008 yang Mengguncang Dunia

Hai agan dan sista, kali ini gue mau ceritain tentang sejarah depresi ekonomi tahun 2008 yang bikin banyak orang jadi kere. Gak cuma di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Jadi, ceritanya dimulai dari tahun 2007. Saat itu, banyak bank-bank di Amerika Serikat memberikan kredit rumah dengan cara yang nggak bener. Mereka ngasih kredit ke orang-orang yang sebenarnya nggak mampu bayar, dan banyak juga yang ngebohongin data diri supaya bisa dapet kredit.

Nah, karena banyak orang yang nggak bayar hutangnya, nilai rumah jadi turun drastis. Karena rumah jadi nggak laku, banyak bank yang bangkrut dan nggak bisa bayar hutang mereka ke bank lain.

Masalahnya, bank-bank yang udah ngasih kredit itu udah ngeluarin banyak uang, jadi mereka juga nggak bisa bayar hutang mereka ke bank lain. Akhirnya, kepercayaan antar bank jadi turun dan mereka saling curiga satu sama lain.

Situasinya makin parah saat perusahaan-perusahaan besar seperti Lehman Brothers juga bangkrut. Lehman Brothers adalah salah satu bank terbesar di Amerika, dan kebangkrutannya bikin banyak orang panik. Akibatnya, bursa saham jatuh drastis dan banyak orang yang rugi besar.

Depresi ekonomi tahun 2008 jadi salah satu krisis ekonomi terparah sepanjang sejarah. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan, banyak perusahaan yang bangkrut, dan banyak investasi yang musnah.

Tapi tenang, gak semua negara ikut-ikutan kena dampak. Beberapa negara seperti China dan India justru tumbuh pesat saat itu.

Nah, itulah sejarah depresi ekonomi tahun 2008. Bagaimana menurut agan dan sista? Apa ada yang mau nambahin atau bertanya? Jangan lupa kasih komentar dan cendol ya!
blaine123
scorpiolama
GigiTato.
GigiTato. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.8K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.