lightbeingsAvatar border
TS
lightbeings
Bedanya Spiritual dan Religius
hai hai hai.... agan dan sista 

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Jumpa lagi di thread ane gan sis buat membahas bedanya orang yang religius dan orang yang ber - spiritual.emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio



Mungkin agan dan sista awalnya menyangka bahwa spiritual dan religius itu sama, yap sama sama membahas tentang seluk beluk "Tuhan". 




Sekilas memang sama gan, namun kalau ditelisik lebih dalam lagi, ada perbedaan yang sangat jauhh antar keduanya gan.

Oia gan, religi yang ane maksud disini, pada umumnya disebut juga dengan agama ya gan sis.emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Agan



Nah, perbedaan inilah yang akan ane bahas menurut versi ane dan sumber yang ane baca ya gan. 
emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio



1. Dilihat dari asal muasalnya

Kalau kita melihat asal - muasal agama, pastinya tidak terlepas dari tokoh yang membawakan ajaran agama itu sendiri. Misalnya, Agama Islam yang sangat terkait dengan Baginda Nabi Muhammad SAW, Agama Kristen yang terkait dengan Yesus Kristus, Agama Hindu yang terkait dengan Dewa Krisna dan lain sebagainya. Itulah yang menjadi ciri khas agama yakni saling terkait dengan "Tokohnya" masing - masing.




Bedanya dengan spriitual, yang ane ketahui, tidak ada peranan tokoh tertentu yang membawa ilmu spiritual ini. Kata spiritual sendiri diambil dari bahasa Prancis kuno yakni espirit  yang artinya sesuatu yang menjiwai dalam manusia dan hewan.

emoticon-Coolcoolemoticon-Cool






2. Dilihat dari pengalaman dan sudut pandang dalam menerima pesan dari Tuhan

Agama atau religi lebih berkutat pada sudut pandang tokoh - tokoh tertentu dalam menyampaikan "wahyu atau pesan dari Tuhan". Misalnya kalau dalam Agama Islam, yang menyampaikan pesan dari ALLAH SWT kepada umat Islam yakni Baginda Nabi Muhammad SAW melalui perantara dari Malaikat Jibril kemudian tertuang semuanya dalam Kitab Al Qur'an, kalau Agama Kristen terkenal dengan 12 murid Yesus dalam menyampaikan pesan dari Tuhan dan tertuang dalam kitab Injil, dalam Agama Yahudi ada Musa yang menyampaikan pesan dari Tuhan dan tertuang dalam kitab Taurat dan lain sebagainya. Semuanya serba objektif dalam menerima pesan dari Tuhan karena ada Kitab Suci - Nya masing - masing. 






Sedangkan Spiritual, lebih bersifat subjektif dalam menerima pesan dari Tuhan. Hal ini dikarenakan dalam setiap laku spiritual, setiap orang berbeda beda pengalamannya dalam menerima pesan dari Tuhan. Kalau di Indonesia dalam kepercayaan kejawen khususnya, biasanya menggunakan metode laku tirakat dan semedi dalam menerima wahyu dari Tuhan, sedangkan di "Barat' khususnya, terkenal dengan sebutan Meditasi, Yoga dan Tantra. 3 metode ini memang asalnya rata - rata dari India, namun banyak sekali orang "Barat" yang memakai 3 metode ini. Begitulah kira kira gan.
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol




3. Dilihat dari tempat Ibadah

Agan dan Sista pastinya sudah familiar dengan tempat ibadah bagi kaum religi, yappp, setiap agama pastinya punya tempat ibadah masing - masing dalam berdoa kepada Tuhan. Misalkan Agama Islam, sudah pasti tempat ibadahnya di Masjid, Agama Kristen di Gereja, Agama Hindu di Pura, Agama Budha di Wihara dan lain sebagainya.





Sedangkan kaum spiritual itu simpel dalam beribadah gan. Mereka biasanya melakukan aktifitas beribadah di tempat ibadah yang sesuai keyakinannya yang lama, atau ada juga yang sampe ke pegunungan, hutan, pantai yang menurut mereka - para kaum spiritualis itu nyaman. Tidak ada batasan tempat dalam beribadah kepada Tuhan menurut kaum spiritualis.
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol




4. Dilihat dari gelar 

Gelar bagi kaum religi memang melekat pada "tokoh" yang dianggap sebagai orang yang mampu menguasai dan menafsirkan perintah Tuhan didalam kitab sucinya masing - masing. Di dalam Agama Islam mungkin agan dan sista sangat familiar dengan gelar Ustad dan Ulama, sedangkan di Agama Kristen terutama Katolik yang terpusat di Vatikan, agan dan sista pastinya tidak asing dengan gelar "PAUS", begitu pula sebutan pendeta bagi Agama Budha.






Sedangkan bagi kaum spiritualis, tidak ada gelar khusus yang disematkan dalam beribadah, karena sekali lagi, kaum spiritualis itu simpel ya gan, hanya pengalaman spiritual antara dirinya dan Tuhan itu yang terpenting bagi mereka. 
emoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenal

Konten Sensitif




emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol


Spoiler for spoiler:




Oia gan, ane mau kasih inpo juga nih. Ane tegaskan disini bahwa ane tidak ada maksud sama sekali berniat mengajak agan dan sista untuk belajar ilmu spiritualis yang ane babar di thread ini. Thread ini murni buat sekedar pengetahuan aja dan tidak lebih. 

Kalau agan dan sista tertarik dan mau belajar tentang ilmuj spiritualis ini, ane sarankan cari guru yang mumpuni ilmunya untuk belajar segala hal yang berbau spritualis ini. 

emoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystg



Quote:


Kalau ada pertanyaan dan masukan dalam thread ane ini, monggo...
ane tunggu komengnya gan

emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Agan

sekian thread dari ane gan, sis, semoga bermanfaat.
 
Bonus dari ane


Spoiler for bonus:

Quote:



sumber :
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Diubah oleh lightbeings 06-06-2022 04:47
nirwanzulio
nirwanzulio memberi reputasi
1
1.3K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.