Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prosperity24Avatar border
TS
prosperity24
UPDATE KEHIDUPAN!
Halo agan semua. akhirnya gw menemukan titik terang dari cerita yang pernah gw tulis setahun lalu di thread ini APA BISA BERHUBUNGAN BAIK SAMA MANTAN?

Makasih banget agan-agan semua atas komennya, awalnya pas baca nyesek juga, pada pedes banget hahaha. Dan bener, kita emang gak bisa berhubungan baik sama mantan mau gimana pun caranya, ceritanya dan lain sebagainya. Tidak ada alasan apapun untuk kita bisa berhubungan baik. 

Bener aja kejadian tepatnya Januari kemarin. Komunikasi gw sm mantan tuh sebenernya udah engga sering-sering banget. Sebatas kalo dia ada tanya soal kerjaan ya gw jawab sebisa gw. No. Kita gak sekantor, tapi background kita sama, sama-sama ekonomi. Jadi dulu ya sering tuker pikiran gitu. Terus ada juga hal yg gw gak bisa cerita detil karena ini personal life dia yg gw bisa bilang dark dan gak semua orang bisa memposisikan diri kalo jadi dia, beyond deh. Soal keluarganya dia pokoknya yang menyangkut kenapa gw masih komunikasi sama mantan. Sampe sekarang juga masih gak habis pikir pernah pacaran sm dia yg latar belakang keluarganya demikian.

Jadi, dia mempercayakan sertifikat rumah dia ke gw karena dia takut ada ancaman yang gak ketebak. Jaman pacaran dulu gw pernah tiba-tiba ditelpon sama dia dan dia bilang,

"kalo ada yang telpon kamu dari nomor ga dikenal terus kamu udah keburu angkat telpon itu dan tanya aku dimana atau kenal aku atau enggak, kamu bilang aja gak kenal atau gak tau". 

Dari percakapan itu mungkin agan semua kebayang dikit lah apa kira-kira masalah keluarganya. Atau enggak? hahaha.. gapapa, pokoknya kurang lebih demikian. Tapi itu emang dark dan gw gak nyangka sih. Sertifikat itu masih sama gw, gw keep di deposit box bank supaya aman. Dan masih gw simpen tuh sampe akhirnya ada kejadian. 

Akhir januari kemarin gw ada job padus bareng sama dia. Okey. Gw sm dia ini 1 kampus, 1 komunitas padus, teman main dia dan gw itu sama, kemana-mana 1 tongkrongan juga jadi ya aga sulit juga kalo mau bener-bener gak terikat atau gak ketemu lagi sama dia gitu karena backgroundnya demikian. Memang udah ga kepisah kalo ada gw pasti ada dia. Saat itu komunikasi gw sama dia udah bener-bener jarang, udah sebatas tanya "lo latihan ga? jadi ambil job?" udah kaya gitu. 

Sampai di hari job, akhirnya gw ketemu lagi sama dia. Sumpah aneh banget ini orang, ngeliat gw kaya ketemu setan, bener-bener yang menghindar gitu. Aneh dong gw ngerasanya, gw ada salah apa sampe kaya gitu banget. Gw disini emang masih mencoba untuk tetep baik-baik aja sama dia. gw tegor dong dia

"kenapa sih lo? ada masalah apa sama gw sampe gitu banget?" kata gw

dia keep cool dan cuma bilang gini, "gapapa" 

Dih. Yaudah dong gw coba bodoamat, gw ngerasa ga ada salah juga. Sampai akhir job selesai, kita ada makan malem bareng tuh rame-rame, pas gw mau pulang, dia nyamperin gw. 

"sorry gak maksud ngejauh atau gimana. gw lagi deket sama cewek dan lo tau kok cewek itu siapa. dia mau gw untuk stay away dari lo." kata dia.

Gw kaget. Well it's a good move gitu berarti dia bisa move on. Cuma cewek dia yg baru ini gw tau siapa, gw tau orangnya gimana. Muncul kekhawatiran gw kalo dia dibodohin, ini cewek matrelah, pokoknya yg enggak baik lah. Well pasti agan-agan kesel dong kok masih bisa sih gw mikir ky gitu? haha tahan gan tahan yaa.... 

"dia (cewek barunya mantan) pengen kita bener-bener selesai. Apapun yang masih kamu pegang, uang, sertifikat rumah, dia minta semua itu dibalikin ke aku." katanya

"well, kalo itu maumu ya fine, kamu bisa ambil kapan aja tinggal bilang. aku cuma pesen 1 hal sama kamu. hati-hati. hati-hati sama pilihanmu, entah itu pacar, hidup atau apapun pokoknya hati-hati. kamu belum selesai sama masalahmu dan dirimu. cewek mintanya cuma 1. serius atau enggak. cukup aku aja yang gak kamu seriusin jangan orang lain. dia gak tau kondisimu yang sebenernya. well goodluck." kata gw mengakhiri percakapan dan pertemuan hari itu. 

Wah gan itu rasanya campur aduk, padahal gw udah punya yg lain juga gitu. Ngerti banget kenapa agan-agan komen di thread sebelumnya kaya gitu. Gw ga perlu sampe segitunya sebenernya dan ada hati yang harus gw jaga. Yang menyadarkan gw, BENER-BENER menyadarkan gw adalah ketika gw sama mantan gw berantem gara-gara ceweknya dia kekeuh untuk buru-buru nyelesaiin apapun yang masih gw pegang untuk dibalikin kedia. Like bener-bener beberapa hari setelah ketemu terakhir di job itu. Itu posisi gw lg closingan akhir tahun, deadline dll. Rasanya gw marah banget sama dia (mantan gw). Emang dia gabisa apa komunikasi sm ceweknya untuk sabar? Mantan gw ini ngerti keadaan gw, tapi dia udah sampein juga ke ceweknya tentang keadaan gw tapi ceweknya tetep yang kekeuh "pokoknya gamau tau" gitu lah. Tapi mantan gw gabisa apa-apa even ngejelasin or tegas ke cewenya itu.  Mantan gw tuh sampe bilang, "udah sebisa kamu aja kapan. Selesai closing gak papa". 

Gw pengen banget ngelabrak tu cewek. Apa ya, ga terima gw. Kaya apasih? Lo tu ga tau apa-apa soal dia (mantan gw). Lo insecure apa gimana sampe kaya gini? Matre sampe segininya apa gimana? Mau lo apain sih kalo sertifikat sama duitnya kalo balik? Wah macem-macem. Ceweknya itu menganggap hal-hal tersebut itu yang membuat gw sama mantan masih terikat. Oke, gw bisa terima alasannya kok cuma ya tanya aja ke mantan kenapa masih percayain hal itu ke gw padahal ada cewek baru?! Jadi emosi pas nulis ini, kayak ngerecall emosinya.

Kecewa juga sama mantan gw yang masih sama aja gak bisa tegas. No mercy banget harus kudu saat itu juga. Gw langsung itung-itungan sama waktu 8 tahun yang gw habisin buat sabar ngertiin dia, dihujat sama sahabat gw untuk ninggalin dia, yang selalu ada buat dia, ngertiin keluarga dia. Sakit banget disitu dan speechless. Ketampar lagi dan lagi sama kenyataan kalo dia emang ga pernah ngehargain gw. Dia emang bukan buat gw. 

Gw job hari minggu, hari rabu langsung gw proses itu deposit box dan duit, dia nemuin gw, langsung gw kasih semuanya. Pas ketemu gw udah bener-bener nahan marah dan nangis. nyeseknya luar biasa. 8 tahun nemenin ujungnya tetep diginiin. Dia say sorry, maaf bla bla bla. Gw tanggepin dengan iya-iya doang. Udah cukup tau aja. 

Selain sakit hati, gw sadar bahwa gw memang udah gak bisa mengontrol semuanya untuk baik-baik aja. Gw gak bisa mengontrol atau mengarahkan pilihan mantan gw untuk menghindari dari hal-hal yang sifatnya nanti merugikan dia. Udah sadar sepenuhnya itu bukan tanggung jawab gw lagi. Itu pilihan dia.

Why gw begitu involve sama kehidupan dia? karena 8 tahun itu gw nemenin dia dari dia hancur sampai dia getting better banget. Gak mudah gw laluin semua itu sampai jadi kebiasaan. Alasan gw putus, mantan gw itu belum selesai sama dirinya sendiri dan keluarganya. Dirinya sendiri aja gak tau mau apa, gak tau caranya menentukan pilihan, gak mau take risk, apalagi kepikiran buat nikahin gw? Dan gw mengerti, hidup dia yang dark sebelumnya membuat karakter dia demikian. Sayang aja, gw tau kemampuan dia, orangnya baik, cuma memang jalan hidupnya terlalu pedih sih. 8 tahun itu gw meyakinkan diri gw kalo dia bisa kok lebih baik, lebih baik, tapi nyatanya umur terus bertambah, dan belum ada itikad nih untuk diseriusin. Yaudah, gw pergi akhirnya dan no regret gratefull bahkan. 

Semua penjabaran di atas, pacar gw yang sekarang tau. Pacar gw ada di kejadian itu. Pacar gw nemenin gw job itu dan ketemu sama mantan gw juga. Sebelum itu juga gw udah kenalin pacar gw ke mantan gw, bahkan pernah makan bareng juga rame-rame sih sama temen komunitas gw. Gw juga ceritain kenapa gw masih dititipin sertifikat rumah mantan gw. Gw tau pasti dia juga nahan cemburunya, apalagi cowok kan biasanya gengsinya yahh... Pacar gw bisa aja melarang gw bahkan bertindak hal yang sama dengan cewek baru mantan gw, tapi dia gak melakukan itu, pacar gw memilih berbesar hati buat menerima, mencoba mengerti dengan logika dia dan berempati. 

"Kamu udah ngasih tau dia dan ngingetin udah cukup kok. selebihnya biar dia yang pilih. Biarin dia untuk bisa jalanin pilihan dia. Kita cuma bisa sebatas itu aja. It's ok. udah cukup" kata pacar gw waktu itu.

Sekarang gw lebih happy, lebih enjoy karena akhirnya seneng bisa memilih untuk tidak mengontrol yang gak bisa kita kontrol. Happy juga karena gw udah dipertemukan sama pacar gw yg sekarang ini. 

Sekian sharing gw, pro kontra fine buat gw. hehehe

F 29 JKT 

bukhorigan
bukhorigan memberi reputasi
1
526
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.