• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Lupa, Ini Dia Beberapa Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Bulan Ramadhan!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Jangan Lupa, Ini Dia Beberapa Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Bulan Ramadhan!
Ramadhan tinggal menghitung hari, ini dia beberapa tradisi masyarakat Indonesia setiap jelang bulan puasa


Ramadhan 1444 Hijriyah tinggal menghitung hari. Menurut kalender tanggal 22 Maret 2023 menjadi hari penentuan 1 Ramadhan atau lebih dikenal dengan sebutan sidang isbat untuk melihat munculnya hilal sebagai penanda pergantian bulan.

Jelang datangnya bulan Ramadhan tentu perasaan bahagia dirasakan oleh umat muslim di seluruh dunia, karena bulan Ramadhan menjadi bulan yang spesial karena di bulan inilah Nabi Muhammad mendapatkan wahyu untuk yang pertama kali dan di bulan ini Allah memberikan ampunan seluas lautan bagi hamba yang mau untuk berpuasa menahan lapar dahaga dan juga hawa nafsu.

Bentuk perasaan bahagia dari umat muslim khususnya masyarakat Indonesia, beberapa tradisi tetap terpelihara dilakukan di hari-hari jelang Ramadhan sebagai bentuk sambutan dan ungkapan rasa kebahagiaan.

Tradisi-tradisi menyambut bulan Ramadhan ini pun di setiap daerahnya berbeda-beda, dan berikut ini beberapa diantaranya.


Quote:

1. Syukuran atau Punggahan

Di kalangan masyarakat khususnya yang bersuku Jawa dan muslim, di beberapa hari jelang Ramadhan selalu akan mengadakan syukuran atau lebih sering disebut punggahan baik di rumah dengan mengundang tetangga atau di masjid dan musholla bersama para jama'ah.

Syukuran atau punggahan ini diadakan untuk mengungkapkan perasaan rasa syukur dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan, dan berharap agar diberikan kemudahan dan kelancaran selama bulan puasa.

2. Ziarah Kubur

Mengunjungi keluarga, orang tua, atau anak yang telah meninggal dunia terlebih dahulu atau disebut dengan ziarah kubur juga merupakan tradisi masyarakat yang sering dilakukan jelang Ramadhan.

Berdoa bersama untuk keluarga yang telah meninggal dunia menjadi pengingat bahwa setiap orang pasti akan mati dan meninggalkan dunia, itulah sebabnya kita harus giat dalam beribadah agar saat dipanggil oleh Tuhan sewaktu-waktu telah siap dengan bekal yang cukup.

3. Santunan

Bukan hanya orang yang telah meninggal dunia yang mendapatkan kebaikan dari datangnya bulan Ramadhan. Orang-orang yang masih hidup pun akan mendapatkan berkah dari datangnya bulan Ramadhan termasuk orang-orang yang tidak mampu dan juga anak yatim piatu.

Tradisi santunan jelang bulan Ramadhan juga banyak dilakukan oleh umat muslim yang mampu atau juga lembaga-lembaga zakat mal.

4. Bersih-bersih Rumah

Bersih-bersih rumah secara tidak langsung juga menjadi tradisi menjelang bulan Ramadhan yang dilakukan oleh banyak orang.

Setiap bulan Ramadhan akan datang masyarakat berbondong-bondong membersihkan rumah bersama anggota keluarganya, mengecat ulang rumah, membersihkan sarang laba-laba, membersihkan halaman dan masih banyak lagi aktivitas bersih-bersih rumah yang lainnya.



Berikut tadi GanSis beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap jelang bulan Ramadhan.

Beberapa tradisi tersebut di beberapa daerah dapat memiliki nama yang berbeda-beda meskipun tujuannya sama yaitu menyambut datangnya bulan Ramadhan dan mengungkapkan rasa syukur dapat kembali berjumpa dengan bulan yang penuh dengan kemuliaan.

Bagaimana, apakah Agan dan Sista juga melakukan beberapa tradisi di atas setiap jelang bulan Ramadhan?
TS pribadi menjadi salah satu pemelihara tradisi, ikut serta dalam penyambutan bulan Ramadhan dengan tradisi-tradisi yang telah disebutkan di atas.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
provocator3301
ondapriatna
iblast867583
iblast867583 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.9K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.