pemprovdkinewsAvatar border
TS
pemprovdkinews
Pemprov DKI soal Banyak Jalan Berlubang: Wajar Rusak, 3 Tahun Hanya Tambal Sulam


Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menilai wajar banyak jalan berlubang di ibu kota. Sebab, dalam 3 tahun terakhir perbaikan hanya sebatas tambal sulam.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho. "Hampir tiga tahun lebih kita tidak memperbaiki jalan, hanya tambal sulam dan usia itu kan rusak, berarti memang wajar rusak. Apalagi karena curah hujan menambah kerusakan. Yang ketiga, karena mungkin adanya galian-galian itu, longsoran," kata Hari saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (12/3).

Ia mengklaim, Pemprov telah memperbaiki 21.442 jalan berlubang di Ibu Kota. Pekerjaan tersebut dilakukan pada Desember 2022 hingga awal Maret 2023.

Metode perbaikan jalan, kata Hari, pihaknya mengelompokkan kondisi jalan menjadi tiga kategori. Tiap kategori, memiliki penanganan yang berbeda.

"Kondisinya kami kategorikan rusak ringan, sedang, berat. Kalau rusak ringan kami gunakan coldmix, kalau rusak sedang kami pakai hotmix, rusak berat pakai hotmix dan beton," jelas Hari.

"Untuk pekerjaan yang ringan bisa langsung kami kerjakan, besok hujan kami usahakan pakai coldmix apa. Namun, yang sedang ke berat itu harus nunggu curah hujan agak berhenti. Jadi mudah-mudahan minggu ketiga Maret curah hujan sudah mulai sedikit, kami lakukan perbaikan secara permanen dengan hotmix maupun beton," sambung Hari.

Secara lebih rinci, berikut jumlah titik jalan berlubang yang sudah ditindaklanjuti berdasarkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD):

- Sudin Bina Marga Jakarta Barat: 3.270 titik.
- Sudin Bina Marga Jakarta Pusat: 2.765 titik.
- Sudin Bina Marga Jakarta Timur: 6.738 titik.
- Sudin Bina Marga Jakarta Selatan: 3.465 titik.
- Sudin Bina Marga Jakarta Utara: 3.759 titik.
- Unit Peralatan dan Perbekalan: 1.445 titik.

https://www.merdeka.com/jakarta/pemp...am.html?page=2
anu.ku.l
bukan.bomat
nomorelies
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.