Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Education
  • Bukan Minum Air Cucian Kaki, Berikut Cara Berbakti Kepada Ibu yang Baik dan Benar!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bukan Minum Air Cucian Kaki, Berikut Cara Berbakti Kepada Ibu yang Baik dan Benar!
Bukan Minum Air Cucian Kaki, Berikut Cara Berbakti Kepada Ibu yang Baik dan Benar!
Bukan dengan cara meminum air cucian kaki, ini dia bentuk berbakti kepada ibu


Berbakti kepada orang tua terutama ibu, merupakan sebuah kewajiban bagi seorang anak karena dari rahim dan kasih sayang seorang ibu lah mereka dapat tumbuh dewasa dan mengenal dunia.

Letak ketaatan dan bakti seorang anak kepada ibunya di dalam Islam ditingkatkan tiga kali lebih tinggi dan besar dibandingkan ketaatan seorang anak kepada ayahnya. Dari sinilah letak kemuliaan seorang ibu benar-benar diangkat karena memang seorang ibu memiliki pengorbanan yang besar untuk melahirkan dan membuat anaknya tumbuh.

Saking mulianya seorang ibu, pasti Agan Sista pernah mendengar atau membaca tentang sebuah istilah "Surga berada di bawah telapak kaki ibu", meskipun kalimat atau istilah tersebut tidak bisa untuk dimaknai secara harfiah melainkan menjadi sebuah pengibaratan bahwa ridho ibu adalah surga bagi anak-anaknya.

Namun, dari adanya istilah tersebut seringkali memunculkan penafsiran yang berbeda pada masing-masing orang, dimana tidak sedikit orang yang mencuci kaki ibunya bahkan meminum air bekas cucian kaki untuk mendapatkan keridhoannya.

Apakah mencuci dan meminum air bekas cucian kaki ibu itu diperbolehkan?


Bukan Minum Air Cucian Kaki, Berikut Cara Berbakti Kepada Ibu yang Baik dan Benar!


Menurut beberapa riwayat yang TS baca, anak mencuci kaki ibu kandungnya sebagai bentuk rasa kasih sayang dan berharap keridhoan dari sang ibu memang tidak dilarang.

Namun untuk meminum air bekas cucian kaki tidak dianjurkan karena sesuatu yang berlebih-lebihan itu sangat dilarang karena memang dari meminum air cucian kaki ada banyak pertimbangan terkait kebersihan dan juga tujuannya.

Adapun bentuk bakti dari seorang anak dalam mencari keridhoan ibu tentu tidak hanya didapatkan dari mencuci dan meminum air basuhan kaki. Berikut ini beberapa cara yang baik dan benar untuk berbakti kepada ibu.


Bukan Minum Air Cucian Kaki, Berikut Cara Berbakti Kepada Ibu yang Baik dan Benar!


1. Patuh dan Nurut dengan Nasihat Baiknya

Sebagai seorang anak tentu patuh dan nurut dengan nasihat-nasihat baik yang diberikan oleh orang tua entah ibu atau bapak itu sangat penting dan wajib untuk dilakukan.

Nasihat baik dari seorang ibu pasti demi kebaikan anaknya juga, itulah sebabnya seorang anak tidak akan pernah salah saat mereka nurut dengan segala macam perintah dan nasihat baik yang diberikan oleh orang tuanya.

2. Menyayangi Sepenuh Hati

Memberikan kasih sayang sepenuh hati kepada orang tua terutama ibu, merupakan bentuk dan wujud rasa bakti seorang anak.

Sebagaimana seorang ibu menyayangi anaknya dari kecil hingga dewasa, maka sudah sepatutnya jika seorang anak melakukan hal serupa kepada ibu yang telah mengandung, melahirkan, menyusui, dan merawat.

3. Merawat di Usia Tua

Meskipun ada istilah bahwa anak bukan investasi orang tua, tentu balas budi kepada orang tua sudah seharusnya diberikan oleh mereka yang memiliki akal, pikiran, serta perasaan.

Usia ibu dan bapak dari Agan Sista semakin hari akan semakin tua, dan itu akan membuat mereka bergantung dengan anak-anaknya karena sudah tidak mampu untuk melakukan aktivitas sendiri.

Merawat orang tua menjadi sebuah kewajiban, meskipun seorang anak juga tidak meminta untuk dilahirkan ke dunia.

4. Mendoakan Setelah Tiada

Doa anak yang sholeh dan sholehah diyakini menjadi peringan dosa bagi orang tua yang telah meninggal dunia. Itulah sebabnya seorang anak seharusnya tidak lupa untuk mendoakan orang tuanya meskipun mereka sudah meninggal dunia.

Berikut tadi GanSis beberapa cara untuk menunjukkan sikap dan rasa bakti kepada orang tua terutama ibu.

Mencuci dan meminum air cucian kaki hanyalah sebuah simbolik semata, yang mana tidak ada gunanya selagi memang dilakukan untuk dipamerkan guna mengundang simpati atau agar dipuji oleh orang lain.


Konten Sensitif
Bukan Minum Air Cucian Kaki, Berikut Cara Berbakti Kepada Ibu yang Baik dan Benar!


Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 11-03-2023 23:46
verdandigr
syaifudinseno
abunabil19
abunabil19 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
428
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.6KThread13.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.