• Beranda
  • ...
  • Education
  • Bukan Cuma Nyinyir Tapi Juga Superpower? Ini Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Netizen

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bukan Cuma Nyinyir Tapi Juga Superpower? Ini Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Netizen
Bukan hanya julid dan nyinyir, ini beberapa kemampuan netizen yang saat ini dianggap superpower


Netizen, tentu Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut karena juga menjadi bagian di dalamnya.

Sebagaimana kita rasakan bersama, sejak beberapa tahun lalu sampai dengan saat sekarang teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dengan sangat pesat memunculkan berbagai macam platform media sosial juga platform penyedia layanan hiburan yang digunakan oleh banyak orang yang memang membutuhkan wadah untuk bersosialisasi dan juga menyalurkan bakat serta kemampuan.

Banyaknya orang yang menggunakan internet inilah yang kemudian memunculkan istilah kata baru yaitu "netizen", yang mana memiliki arti warga internetkarena perlu Agan Sista ketahui bahwa kata netizen berasal dari dua kata yaitu internet dan citizen. Kata tersebut sejauh ini juga telah masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V daring.



Membahas tentang netizen Indonesia atau lebih akrab disebut dengan netizen +62, pastilah Agan Sista sudah paham dengan karakternya yang sering dinilai bar-bar, julid, nyinyir, dan beberapa pandangan negatif yang lainnya.

Tapi apakah Agan dan Sista tahu bahwa ternyata di balik pandangan negatif tersebut netizen punya keahlian atau kekuatan lain yang sangat positif?
Berikut ini beberapa diantaranya.


1. Penegak Keadilan

Dapat dikatakan saat ini netizen merupakan sosok-sosok penegak keadilan yang sebenarnya.

Jika Agan dan Sista ingat, kasus pembunuhan Brigadir J dapat selesai dan terungkap semua skenarionya salah satunya adalah karena peran netizen dalam mengawal dan meminta untuk masalah tersebut diusut secara tuntas. Bukan hanya kasus tersebut, banyak masalah-masalah lain dimana masyarakat meminta keadilan di media sosial dan netizen membuatnya viral sehingga masalah yang dihadapi oleh seseorang tersebut menjadi sorotan dan diselesaikan dengan baik.

2. Pembongkar Kebusukan dan Kejahatan

Bukan hanya bergerak untuk mencarikan keadilan bagi orang-orang yang tertindas, netizen juga kerapkali membongkar kebusukan yang dirahasiakan oleh seseorang dari lembaga tertentu yang berkaitan dengan kemaslahatan banyak orang.

Bak detektif di media sosial, netizen dapat membuka masa lalu seseorang bahkan juga mendapatkan bukti-bukti yang menunjukkan seseorang melakukan sebuah tindakan kejahatan entah itu korupsi, jual beli jabatan, atau yang lainnya.

3. Bergerak Membantu Korban Bencana

Semenjak media sosial banyak digunakan oleh masyarakat sehingga muncul istilah netizen, saat ini setiap ada bencana alam atau musibah tertentu menimpa sekelompok orang meskipun itu jauh diluar negeri seperti gempa yang terjadi di Turki dan Suriah, netizen berbondong-bondong menggalang dana untuk memberikan bantuan dengan alasan kemanusiaan.

Bukan hanya untuk kejadian bencana diluar negeri, empati serupa juga ditunjukkan oleh netizen saat negaranya sendiri mengalami musibah duka dan bencana bahkan netizen juga dapat kompak untuk memberikan bantuan kepada seseorang yang kisahnya viral di media sosial dan dinilai membutuhkan uluran tangan.



Berikut tadi GanSis beberapa hal positif yang dilakukan oleh warganet atau netizen yang belakangan ini dianggap sebagai lapisan super power.

Dibalik pandangan negatif banyak orang terhadap sifat nyinyir dan bar-bar nya netizen +62 yang sering bersikap diluar kendali dan nalar, ternyata masih banyak sisi positif yang bisa untuk diapresiasi.

Mungkin dari Agan dan Sista disini ada yang setuju dan tidak setuju terhadap pandangan TS, dan itu pun sah serta wajar karena memang setiap orang berhak memiliki pandangan yang berbeda terhadap sesuatu hal.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
dunia.plakat
jhon_fc
bigbabyirl
bigbabyirl dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.1K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.